+62-812-3035-1056 marketing@adrianluis.com

6 Langkah Meningkatkan Work Life Balance Hari Ini
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Tuntutan dan perkembangan saat ini membuat banyak orang yang tidak memiliki keseimbangan dalam hidupnya. Padahal keseimbangan dalam hidup adalah salah satu strategi untuk memiliki kehidupan yang bebas dari stress. Simak 6 Langkah Meningkatkan Work Life Balance Hari Ini.

Apa yang menyebabkan tuntutan ini semakin hari semakin tinggi. Ternyata hal ini tidak terlepas dari bagaimana seseorang mendefinisikan kesuksesan pribadinya. Harvard Business Review (HBR) pernah membuat sebuah survei mengenai Kesuksesan Pribadi di era saat ini. Silahkan dilihat gambar di bawah ini.

Arti Kesuksesan Pribadi menurut Harvard Bisnis Review
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Ternyata dalam salah satu komponen kesuksesan saat ini adalah memiliki keseimbangan dalam kerja dan kehidupan. Inilah yang membuat pelatihan ataupun coaching mengenai Work Life Balance semakin hari semakin banyak peminatnya. Mari kita simak 6 Langkah untuk Meningkatkan Work Life Balance Hari Ini.

6 Langkah Meningkatkan Work Life Balance Hari Ini

Pertama, Memahami Peran dalam Pekerjaan dan Kehidupan.

Pahami apa yang menjadi peran dan tanggung jawab Anda baik di pekerjan maupun dalam kehidupan yang Anda jalankan sehari-hari. Mungkin Anda perlu menuliskannya sehingga Anda dapat dengan detail mengetahui apa yang menjadi peran dan tanggung jawabnya. Saat kita menyadari dan mulai mengakui apa yang belum berjalan dengan ideal, maka kita akan dapat menentukan kondisi ideal yang akan kita tuju.

Jadi, bagaimanakah cara-cara Anda yang efektif untuk memaksimalkan peran dan tanggung jawab Anda di pekerjaan dan dalam kehidupan?

Kedua, Tidak Kuatir untuk Tidak Selalu Online.

Kadang tuntutan jaman serba online membuat kita harus selalu terkoneksi 24 jam setiap hari. Ini yang terkadang membuat stress semakin meningkat akhir-akhir ini. Kebenarannya Anda harus meluangkan waktu Anda untuk waktu-waktu dimana dalam 1 hari Anda tidak perlu kuatir membaca notifikasi.

Biasakanlah saat pagi sesudah bangun tidur dan malam sebelum bangun tidur untuk melakukan suatu aktivitas. Mungkin aktivitas itu dapat berupa berdoa, membaca kitab suci, atau melakukan meditasi mindfulness. Jika Anda secara rutin melakukannya, Anda akan mendapatkan manfaat yang luar biasa.

Ketiga, Ciptakan Rutinitas Harian yang Menyenangkan.

Lewis Howes, seorang entrepreneur dan juga penulis buku “The School of Greatness” (Rodale Books, 2015), mengatakan menentukan kebiasaan yang kuat seperti: tidur 8 jam setiap hari,menghindari mengecek email di jam-jam awal bangun tidur, pergi berjalan-jalan/refreshing, dan mengambil waktu untuk makan makanan yang sehat dan bergizi serta berolahraga akan membuat hidup kita semakin sehat dan bahagia.

Sumber Video: YouTube

Keempat, Memiliki Waktu untuk Diri Sendiri.

Salah satu strategi untuk membuat keseimbangan antara kerja dan kehidupan adalah dengan meluangkan waktu untuk diri Anda sendiri. Luangkanlah waktu untuk melakukan apa yang menjadi hobi Anda, apa yang menjadi kesukaan Anda. Aktivitas-aktivitas inilah yang nantinya akan memberikan kepada Anda energi tambahan supaya Anda mampu berkarya lebih lagi.

Kelima, Mengambil Waktu untuk Berlibur.

Terus menerus bekerja juga tidak selalu membuat Anda menjadi produktif. Malahan akan menjadi kontra produktif. Ambillah waktu untuk berlibur. Dengan berlibur maka pikiran Anda akan menjadi rileks dan Anda akan menemukan banyak ide-ide baru yang nantinya akan dapat Anda gunakan dalam kehidupan maupun pekerjaan Anda.

Keenam, Hadir Saat Ini, Konsisten dan Dapat Diandalkan.

Menjadi fokus dengan apa yang Anda kerjakan adalah kunci keseimbangan. Hadir jiwa raga saat Anda mengerjakan sesuatu. Bertindak secara konsisten serta dapat diandalkan. Inilah yang akan membuat perbedaan dalam hidup Anda.

Menarik untuk dilakukan bukan 6 Langkah untuk Meningkatkan Work Life Balance Hari Ini? Jika Anda ataupun perusahaan maupun organisasi Anda membutuhkan pelatihan atau coaching dengan tema Work Life Balance untuk pembahasan lebih detail, silahkan hubungi kami. Kami siap menjadi partner Anda untuk mewujudkan kondisi ideal serta memberikan solusi yang relevan!

Have a Miracle Day and Expect Miracles!
Thank you.
I Love you.

 

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.