+62-815-9988-487 marketing@adrianluis.com
(Last Updated On: 23 September 2018)

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Marak di Indonesia saat ini banyak start up baru bermunculan. Banyak orang berlomba membuat Usaha Kecil Menengan (UKM). Mencoba mencari peruntungan melalui bisnis UKM. Tidak sedikit yang gagal. Tidak sedikit pula yang berhasil. Lantas apa saja 3 Cara UKM Naik Kelas ?

Bagi sebagian besar pemilik UKM, tentu memiliki impian agar UKMnya dapat menggurita. Memang proses perjuangan ini tentu tidak mudah. Ada banyak tantangan dan rintangan yang harus dilewati. Tidak semudah dari buku – buku bisnis yang mungkin pernah kita baca. Tidak juga semudah pembicara bisnis yang ungkapkan dalam seminar atau training mereka.

Semua perlu proses. Waktu pembuktian. Sehingga sebuah bisnis akan menjadi solid dan menguntungkan!

Sayangnya, jika pengusaha yang sudah berhasil dalam bisnisnya kita tanya. Jawaban mereka akan beragam. Mungkin juga mereka bingung dalam menjelaskan proses yang terjadi sehingga memiliki bisnis yang besar. Karena tidak semua pelaku bisnis mampu mengajarkan apa yang sudah mereka lakukan. Ada pula yang menyembunyikan rahasia langkah keberhasilan mereka.

Kalau kita coba sederhanakan, sebenarnya ada 3 Cara UKM Naik Kelas. Apakah itu?

1. Tingkatkan Kualitas Layanan Bisnis Anda.

Layanan atau Service memiliki peranan penting dalam menaikkan bisnis Anda. Dapat dimulai dari hal yang sederhana.

Misalnya. Apakah Anda dalam beriinteraksi dengan konsumen itu ramah dan sopan. Atau Anda cenderung galak dan judes? Kira – kira kalau Anda jadi pelanggan, Anda mau membeli dari pemilik bisnis yang mana ya?

Nah, layanan inilah salah satu kunci yang dapat Anda tingkatkan secara signifikan. Ini akan memberikan hasil yang luar biasa dalam bisnis Anda.

Pernah satu ketika saya merasakan minum kopi yang sama. Persis sama. Namun dijual dengan harga yang berbeda. Yang satu lebih murah. Namun tempatnya panas. Agak kotor. Tidak nyaman bagi saya. Yang satu lagi. Kopi ini nyaris dijual per gelasnya dengan harga yang hampir 10x lipat. Wow! Namun tempatnya nyaman. Baristanya ramah. Suasanya tempatnya asik. AC dinginnya pas. Rasanya betah berlama – lama di sana.

Nah, jika Anda tingkatkan layanan bisnis Anda secara signifikan. Tentunya harga tidak lagi jadi masalah bagi konsumen Anda. Karena yang mereka beli tidak hanya produk tetapi juga layanan yang Anda tawarkan.

Saya dapat saja menuliskan ada sangat banyak contoh studi kasus lainnya.

Pertanyaan di bawah ini sangat bagus untuk Anda renungkan dalam tahapan 3 Cara UKM Naik Kelas.

a. Sudahkah Anda memberikan layanan yang terbaik dalam bisnis Anda?

b. Bagaimana cara saya supaya layanan dalam bisnis yang sedang saya kembangkan semakin baik?

c. Apa saja langkah yang perlu saya lakukan?

d. Apa saja yang sudah kompetitor saya lakukan, yang belum saya lakukan dan sangat bagus untuk saya tiru supaya bisnis saya makin berkembang?

2. Tingkatkan Kualitas Produk Bisnis Anda.

Produk. Ini adalah hal utama yang Anda jual dalam bisnis Anda. Makin berkualitas suatu produk, makin banyak dicari produk tersebut.

Seringkali hanya karena keuntungan bisnis semata, kualitas produk diabaikan. Akhirnya konsumen akan meninggalkan membeli dari Anda. Sangat disayangkan bukan?

Produk yang Anda jual atau tawarkan boleh merupakan produk yang murah atau ekonomis namun pastikan produk tersebut tidak murahan. Dengan memiliki kualitas produk yang baik. Memiliki harga yang wajar. Konsumen akan terus datang dan datang berbelanja dalam bisnis UKM Anda.

Pertanyaan yang perlu Anda renungkan dalam rangka 3 Cara UKM Naik Kelas.

a. Bagaimana cara saya meningkatkan produk dari bisnis yang sedang saya jalankan?

b. Bagaimana membuat konsumen saya belanja lebih banyak?

c. Bagaimana membuat konsumen saya belanja lebih sering bahkan menjadi loyal?

3. Tingkatkan Jumlah Basis Konsumen Anda.

Bisnis ujung – ujungnya adalah konsumen. Ini adalah darah dalam bisnis Anda supaya tetap hidup. Percuma punya layanan yang luar biasa keren. Produk yang WOW banget. Namun tidak ada yang beli alias penjualan NOL BESAR.

Peranan Marketing dan Sales sangat penting di sini. Anda perlu membangun basis konsumen Anda. Inilah orang – orang yang merasakan nilai tambah dari bisnis yang Anda jalankan. Inilah rahasianya. Uang adalah alat tukar dari nilai tambah. Bisnis Anda akan mendapatkan uang (cash flow) karena konsumen mendapatkan nilai tambah dari bisnis yang Anda kerjakan.

Anda sebagai seorang pengusaha, perlu ketahui siapa market Anda dan di mana mereka berada. Bukan lantas Anda menjawab bisnis saya marketnya adalah siapa saja. Itu sangat bias sekali!

Tentukan siapa market utama Anda. Siapa yang mau membeli produk dan jasa yang Anda tawarkan? Di mana Anda akan mempromosikan produk dan jasa Anda?

Pertanyaan penting untuk Anda renungkan supaya 3 Cara UKM Naik Kelas ini bekerja dengan baik.

a. Saat ini berapa jumlah basis konsumen Anda? Apa yang akan saya lakukan untuk menaikkan basis konsumen saya menjadi 10x? 30x? 50x? Bahkan 100x?

b. Media mana saja yang efektif mendatangkan dan menambahkan basis konsumen bisnis saya?

c. Langkah – langkah apa saja yang sudah saya lakukan dan saya nilai efektif sehingga dapat saya gandakan lebih lagi?

Mungkin 3 Cara UKM Naik Kelas ini terlihat sederhana. Namun tidak sesederhana yang Anda baca saat ini. Kita perlu lakukan dan terapkan langsung untuk membuktikannya. Selamat mencoba!

 

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.