Tips Jitu Antisipasi Hacking

Netters,

Beberapa hari yang lalu, tepatnya kamis malam (8 Juli 2010) sampai dengan minggu sore (11 Juli 2010), account facebook dan yahoo saya dihack oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kali ini saya mau berbagi tips supaya ini bisa mencegah hal ini tidak terjadi kepada teman – teman.

Jika saat ini sedang mengalami, solusinya TETAP TENANG!

Beberapa langkah tips dan antisipasi (didapat dari teman – teman Netter : Pak Nukman Luthfie, Rudy Lim, Andry Budianto Salim, Padro Widjaja, dan masih banyak lagi rekan – rekan yang membantu yang namanya tidak bisa saya sebutkan satu per satu) :

1. Ubah password yahoo dan facebook, usahakan password terdiri dari kombinasi HURUF, ANGKA, dan SIMBOL. Minimal password 8 karakter, lebih panjang lebih bagus! =)

2. Ubah security question dan jawaban di email yahoo.. Usahakan antara jawaban dan pertanyaan seTIDAK LOGIS mungkin… Contohnya : Dimana kota kelahiran? Jawabannya misalnya honda.
Sekedar referensi silahkan baca : http://www.detiknews.com/read/2010/05/31/131231/1366626/10/akun-dibajak-cepat-ganti-password-security-questions

3. Jika memungkinkan, gunakan email berbayar sehingga lebih kecil kemungkinan untuk hacker melakukan retrieve password. Solusinya adalah beli domain dan hosting, dan gunakan fasilitas emailnya. Nantinya email berbayar akan memiliki format misalnya seperti ini [email protected]

Baca Juga! :  Saatnya Ekspresikan Kreativitas via Wordle

4. Jika sedang dalam kondisi diHACK, tetap tenang dahulu, pulihkan email yahoo kemudian pulihkan account facebook (ikuti langkah 1 dan 2) dengan memilih menu forgot password.

Semoga bermanfaat!

 

 

 

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UMKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Buku Digital GRATIS buat kamu « DOWNLOAD DI SINI »

Latest posts by Adrian Luis (see all)

Baca Juga! :  Percepat Akses Situs via WP SuperCache
WhatsApp Us