Pernahkah kita mengetahui apa yang menjadi rahasia negara Jepang bisa dalam waktu cepat, setelah mereka dibom oleh Amerika saat akhir perang dunia kedua menjadi negara yang cepat pulih serta menjadi negara maju?

Ada sebuah prinsip yang luar biasa yang perlu kita pelajari jika kita mau membuat terobosan dalam kehidupan kita. Prinsip ini dikenal dengan istilah Kaizen. Kaizen sendiri terdiri dari 2 kata yaitu Kai dan Zen. Kai sendiri berarti perubahan (change) dan Zen berarti baik (good).

Jika kedua kata ini digabungkan akan menjadi Kaizen yang berarti continuous and never ending improvement (perkembangan yang terus – menerus dan tanpa henti menjadi semakin baik).

Prinsip Kaizen ini jika diterapkan dalam konteks personal development akan membuat perubahan yang luar biasa dalam hidup kita. Misalnya saja seperti ini. Setiap hari kita memiliki 1 (satu) saja kebiasaan sukses baru yang mau kita terapkan. Bisakah kita bayangkan saat sudah mencapai 1 (satu) tahun, minimalnya kita sudah memiliki 365 kebiasaan sukses.

Baca Juga! :  Service Excellent

OK, ada beberapa orang yang mengatakan hal itu sepertinya agak sulit untuk dilakukan. Kalau begitu, 1 minggu kita membuat 1 kebiasaan sukses baru untuk kesuksesan hidup kita. Maka dalam 1 tahun kita sudah mengantongi minimal 52 kebiasaan sukses baru.

Kalau hal ini kita lakukan dengan ketekunan dan konsistensi, setelah 1 tahun saja kehidupan kita akan mengalami terobosan, apalagi jika hal ini berlangsung selama 5 – 10 tahun. Bukankah kita akan mengalami kehidupan yang semakin maksimal?

Yuk mari terapkan prinsip Kaizen ini dalam setiap bidang kehidupan kita. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Life to the FULLEST!

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UMKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Buku Digital GRATIS buat kamu « DOWNLOAD DI SINI »

Latest posts by Adrian Luis (see all)

Baca Juga! :  Triple Filter Test
WhatsApp Us