+62-812-3035-1056 marketing@adrianluis.com

10 Strategi Jitu yang Terbukti Meningkatkan Penjualan Anda
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Setiap sales person pasti memiliki target penjualan. Untuk mencapai target bahkan menembus target tentunya dibutuhkan strategi yang tepat. Strategi tepat dan eksekusi yang tepat akan membawa hasil yang luar biasa. Pelajari 10 Strategi Jitu yang Terbukti Meningkatkan Penjualan Anda.

Menjadi sales person yang hebat ibarat sedang berperang. Dalam berperang tentunya diperlukan strategi dan taktik bagaimana mampu memenangkan pertempuran-pertempuran. Akhirnya kita akan memenangkan peperangan yang besar!

Seorang sales person yang hebat pasti tidak pernah tidak terlepas dari perencanaan dan eksekusi yang hebat. Perencanaan yang hebat saja tidak cukup. Perlu eksekusi yang luar biasa dari rencana yang sudah dibuat. Tindakan mewujudkan rencana itulah yang akhirnya akan membawa perbedaan dalam kehidupan ini.

10 Strategi Jitu yang Terbukti Meningkatkan Penjualan Anda

Pertama, Memiliki Misi yang Jelas.

Bagi seorang sales person yang sukses, penting sekali memiliki misi (mengapa melakukan sesuatu) dalam kehidupan dan pekerjaannya. Misi inilah yang akan menjadi bahan bakar serta memberikan energi untuk terus bertahan bahkan memenangkan kompetisi pertandingan. Apa misi Anda sebagai seorang sales person? Apa misi Anda dalam hidup ini? Inilah pertanyaan yang perlu Anda pikirkan dan jawab. Luangkanlah waktu berpikir dan menjawabnya. Tuliskanlah dalam buku sukses Anda.

Saya pribadi meluangkan waktu untuk menuliskan apa misi hidup saya dan apa misi dari bisnis yang saya kerjakan.

Ini contoh Misi dalam hidup saya yang sederhana dan bermakna:

“Saya, Adrian Luis, akan memberikan NILAI TAMBAH terhadap setiap hal yang berhubungan dengan saya. Saya akan membawa dan menjadi MANFAAT! Ada perubahan yang dapat dirasakan melalui kehadiran saya.”

Dari kalimat panjang tersebut dapat disingkat menjadi Building People and Transforming Lives yang menjadi tagline saya.

Nah, apa MISI Anda?

Kedua, Break Down Misi menjadi Goal yang Detail dan Spesifik.

Setelah Anda mampu menuliskan apa Misi Hidup dan Pekerjaan Anda sebagai seorang sales person, mulai pecahlah menjadi goal yang detail dan spesifik.

Misalnya, buatlah goal berapa penjualan yang akan Anda capai setiap bulannya? Pecah target tahunan menjadi target bulanan, mingguan bahkan harian. Berapa banyak presentasi yang harus saya lakukan setiap harinya? Berapa banyak calon customer (leads) yang harus saya dapatkan setiap hari? Berapa banyak penjualan yang akan saya dapatkan dalam 1 hari? Berapa banyak calon customer (leads) yang akhirnya menjadi customer saya dalam 1 hari?

Goal harian yang spesifik dan detail ini sangat penting bagi seorang sales person. Apa yang mampu Anda capai hari demi hari akan membuat Anda menjadi semakin bersemangat dan optimis dalam menyambut hari esok!

Ketiga, Menjual untuk Memenuhi Kebutuhan Customer.

Menjuallah tidak seperti kebanyakan sales person lainnya. Menjual dengan asal menjual. Kalau Anda melakukannya, risiko mengalami penolakan akan sangat besar. Anda perlu lebih dahulu memahami apa yang menjadi kebutuhan dari customer Anda sebelum Anda menjualnya.

Dengan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dari customer Anda, penjualan akan semakin mudah, rate closing Anda pun akan melonjak menjadi sangat tinggi. Dimana ada kebutuhan, saat itulah saat yang tepat bagi Anda untuk menawarkan solusi untuk kebutuhannya (dengan menjual).

Keempat, Ciptakan dan Pertahankan Perhatian dari Customer.

Diingat oleh customer Anda adalah hal yang penting. Anda perlu diingat oleh customer Anda mengenai produk/jasa yang sedang Anda jual. Tentunya untuk membangun ini memerlukan proses waktu. Tidak ada “serbuk ajaib” yang dapat membuat keajaiban seketika.

Ibarat seperti tanaman. Pada saat awal Anda memulai, Anda terlihat seperti benih. Mungkin Anda kecil bahkan tidak terlihat. Namun jika Anda terus aktif bergerak dan konsisten, lama kelamaan Anda pasti akan menjadi pohon yang besar. Disinilah saat yang luar biasa untuk Anda memanen hasil yang selama ini sudah Anda tabur.

Kelima, Menjual dengan Memiliki Tujuan.

Kepada siapa Anda menjual juga penting. Anda tidak boleh asal menjual produk/jasa Anda. Belum tentu semua orang membutuhkan produk/jasa Anda. Juallah kepada orang yang tepat. Orang yang memiliki kebutuhan akan produk/jasa yang Anda jual. Orang yang memiliki kemampuan untuk membeli produk/jasa yang Anda tawarkan.

Keenam, Minta, Dengarkan dan Take Action!

Saat Anda melakukan sebuah presentasi penjualan, kebanyakan sales person mengalami kesulitan untuk menutup penjualan. Bagaimana Anda akan mendapatkan penjualan kalau Anda tidak pernah meminta penjualan itu terjadi?

Anda perlu mendengar signal-signal yang menyatakan bahwa (calon) customer Anda telah siap untuk membeli. Saat mereka sudah mulai menunjukkan signal tersebut, segeralah tanggap, minta dan ambillah tindakan dalam membuat transaksi penjualan terjadi.

Ketujuh, Bertanggungjawablah atas Pencapaian Anda.

Apapun hasil dari penjualan Anda, bertanggungjawablah! Anda tidak boleh menyalahkan situasi/kondisi mengapa Anda belum mampu mencapai penjualan sesuai target. Apalagi jika Anda mencari-cari pembenaran mengapa Anda belum mampu mencapai penjualan bahkan mencari alasan yang mendukung.

Ingat! Sales person hebat tidak menggantungkan apa yang dikerjakannya berdasarkan emosi semata. Mereka jeli membaca data dan fakta. Buktinya dalam kondisi tersulit sekalipun, seorang sales person yang hebat akan mampu membuat angka penjualan yang fantastis! Mereka memahami (pola) dari data dan fakta yang mereka amati. Mereka mengambil respon yang tepat sehingga mendapatkan hasil yang hebat!

Kedelapan, Kerjakan Hal Fundamental.

Banyak sales person mulai lupa atau meninggalkan hal fundamental yang sebenarnya menjadi fondasi kesuksesan mereka. Mereka sudah mulai melupakan tidak mengerjakan langkah-langkah yang sudah saya tuliskan di atas ini. Mereka sudah jarang membuka koneksi baru, jarang melakukan presentasi atau promosi. Sudah dapat dipastikan orang yang melakukan hal ini arahnya kemana.

Mau terus unggul dan menang dalam kondisi apapun, sederhana, kerjakanlah dengan penuh komitmen dan konsisten hal fundamental sukses Anda!

Kesembilan, Kembangkanlah Sikap Mental Positif.

Sikap Mental Positif bagi seorang sales person adalah hal yang penting. Bahkan ahli Neuro Science pun menyatakan hal yang sama. Jika kita memiliki sikap mental negatif, hidup akan terus bergerak ke bawah dan menurun. Apalagi jika kita diam dan meratapi apa yang sedang kita alami.

Namun, jika kita memiliki sikap mental positif. Mungkin saat ini Anda sebagai seorang sales person sedang menghadapi tantangan. Anda akan berbeda. Anda akan tetap optimis. Hidup Anda akhirnya akan bergerak ke atas dan mengalami peningkatan.

Kesepuluh, Maksimalkan Penggunaan Waktu Anda.

Bagaimana Anda menggunakan waktu Anda menentukan apa yang akan dicapai. Penguasaan diri dan disiplin diri sangat diperlukan. Hanya orang yang disiplin dan memiliki penguasaan diri yang baik yang akan dipastikan menjadi juara. Fokus dan lakukanlah kegiatan-kegiatan yang membawa Anda semakin dekat kepada tujuan. Lakukanlah aktivitas yang memberikan imbalan hasil positif yang tinggi.

10 Strategi Jitu yang Terbukti Meningkatkan Penjualan Anda sudah saya paparkan kepada Anda. Tidak ada rahasia sebenarnya untuk menjadi seorang sales person yang hebat. Orang yang hebat adalah orang yang lebih banyak melakukan daripada yang Anda kira dan pikirkan. Mulai saat ini, mulailah bergerak dan bertindak!

Jika perusahaan atau organisasi Anda memiliki kebutuhan untuk diperlengkapi dalam training ataupun coaching topik SELLING SKILL, silahkan hubungi kami sekarang juga! Jadikan kami sebagai Partner  Anda yang tepat, partner yang akan membawa hasil yang relevan dengan tujuan ingin Anda capai!

Have A Miracle Day and Expect Miracles!
Thank you.I Love you.

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.