+62-815-9988-487 marketing@adrianluis.com
(Last Updated On: 6 December 2017)

Cara Istimewa Membangun Relationship Dengan Racikan NLP
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Apa yang dikatakan penjual ketika bertanya mengenai dirinya? Mereka mengatakan jika bisnisnya adalah menjual barang atau jasa tertentu. Bagaimana dengan orang-orang manajemen? Mereka menjawab jika bisnis mereka adalah manajemen. Begitu juga dengan seorang pembicara yang ditanya mengenai pertanyaan ini. Mereka menjawab jika bisnis yang mereka jalani adalah motivasi dan public speaking.

Namun apakah yang sebenarnya terjadi? Sebenarnya apapun profesi kita, bisnis kita yang sebetul-betulnya adalah relationship. Mengapa? Tentu saja karena apapun profesi kita semuanya akan sangat berkaitan dengan relationship ini kan? Lihat saja, penjual dapat menjual, orang manajemen dapat menggunakan keahliannya dan pembicara dapat berbicara di hapadan publik, semua ini akan terjadi jika hubungan mereka baik. Benar demikian kan?

Jadi tanpa kita sadari, realitionship menduduki peringkat yang penting dalam hidup kita. Mengapa? Tentu saja semua ini tidak lepas dari kodrat manusia itu sendiri. Manusia tidak dapat tidak berbicara dan manusia tidak dapat hidup sendirian. Benar demikian kan? Oleh karena itu NLP memberikan sorotan yang sangat terang untuk relationship ini.

Mengapa? Tentu saja karena relationship ini menjadi ujung tombak terjadinya berbagai kegiatan, transaksi, kerjasama, dsb. Bagaimana jadinya jika kita tidak memiliki kemampuan dalam menjalin hubungan yang baik? Tentu saja akan sangat menyulitkan perkembangan diri kita sendiri.

Ada tiga langkah sederhana yang biasa dilakukan oleh para profesional dalam mengembangkan relationshipnya.  Jangan penasaran, berikut ini adalah ketiga langkah sederhana yang dimaksudkan :

Menentukan tujuan-tujuan yang mutualisme

Kita harus menetukan tujuan terjalinnya hubungan yang saling menguntungkan antara kita dengan orang lain yang bersangkutan.

Memelihara terjadinya suasana rapport nonverbal

Rapport nonverbal adalah hubungan yang terjalin tanpa kata-kata. Istilah lainnya adalah bahasa tubuh. Jadi selain mengontrol kata-kata yang kita ucapkan, kita juga perlu memperhatikan bagaimana bahasa tubuh kita. Baik pandangan mata, ekspresi, posisi tubuh, dsb.

Menghasilkan perasaan baik dan positif pada diri orang lain

Kita harus mampu memberikan kesan yang baik kepada orang lain. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan membuat orang lain senang. Seperti memuji dengan sewajarnya, memberikan empati, menjalin hubungan dengan baik dan memberikan perhatian kepada orang lain.

Nah dengan menerapkan ketiga langkah sederhana tersebut, kita dapat membangun relationship yang lebih baik terhadap orang lain. NLP memang membuat hidup kita menjadi lebih mudah dengan cara-cara sederhanya yang istimewa namun hasilnya luar biasa.

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.