+62-812-3035-1056 marketing@adrianluis.com

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Dalam suatu pelatihan inspirasional beberapa tahun yang lalu, saya pernah mendapatkan sebuah pepatah (adage) yang luar biasa. Ini berkaitan dengan bagaimana respon kita terhadap kegagalan. Memang terkadang saat kita menghadapi kegagalan respon yang kita ambil cenderung negatif. Kita cenderung melakukan apa yang disebut dengan Blaming (menyalahkan) atau istilahnya mencari ‘kambing hitam‘.

Dalam pelatihan tersebut pepatah yang disampaikan oleh sang trainer adalah “There is no failure, ONLY FEEDBACK!” Yes! Sebenarnya tidak ada yang namanya kata GAGAL, yang ada hanyalah feedback (umpan balik). Apa yang kita lakukan akan selalu memberikan umpan balik. Justru sikap yang seharusnya kita ambil adalah belajar dari hal tersebut.

Salah seorang mentor saya yang sangat inspiratif pernah mengatakan sebuah kalimat yang luar biasa yang berbunyi, “We can lose the game, but don’t lose the lesson!“. Wow! Sangat inspiratif sekali! Hal inilah yang merupakan salah satu titik balik dalam hidup saya yang akhirnya mengalami suatu breakthrough yang luar biasa! Segala hal kegagalan yang pernah saya alami sebelumnya walaupun dahulunya saya tidak pernah berani mengakuinya, setelah saya mendapatkan inspirasi ini, saya merasa bersyukur karena boleh mengalami hal tersebut yang ternyata memberikan pengalaman dalam hidup saya yang sangat berharga!

Mari kita melihat apa yang saat ini kita alami tidak melihatnya dalam kacamata yang negatif tetapi marilah kita melihatnya dengan kacamata yang positif bahkan jika bisa melihatnya dengan kacamata antisipatif (berharap yang terbaik, tetapi juga bersiap dengan hal buruk yang mungkin terjadi).

Tantantan saya bagi seluruh pembaca artikel ini, mari memandang semua kegagalan yang dialami bukan menjadi titik berhentinya kita, tetapi jadikan hal ini sebagai feedback dan pembelajaran yang baik untuk meraih kehidupan yang lebih baik lagi! There is no failure, ONLY FEEDBACK!

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.