+62-812-3035-1056 marketing@adrianluis.com

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Baru saja kemarin malam, saya tiba – tiba ingat seorang sahabat saya yang sudah lama jarang banget kita kontak . Kemudian saya pun mengkontak dia untuk sekedar “say hi” menanyakan kabarnya dan apa yang sedang dikerjakannya. Lumayan “amaze “ saja sich mengetahui saat ini bahwa dirinya sudah pindah haluan dari dulunya yang merupakan karyawan “back office”, tetapi saat ini menjadi seorang marketing.

Salut juga sich dengan keberanian dan keputusan yang diambilnya untuk mengubah haluan. Saya pun bertanya kenapa bisa mengambil keputusan seperti itu, ternyata teman saya ini punya keinginan kuat untuk belajar hal yang baru. Dan, satu hal lagi yang membuat saya kagum adalah saat dia mengatakan bahwa orang – orang kaya di dunia minimal punya satu keahlian yaitu menjual! Saya setuju banget dengan hal ini.

3 Langkah Inspiratif menjadi Tetap Termotivasi

Pembicaraan kami pun berlanjut lebih jauh lagi. Teman saya ini menceritakan apa yang sedang dialaminya saat ini. Dia menceritakan bahwa saat ini terkadang suka down dalam melakukan pekerjaannya. Nah, naluri saya ingin mengembangkan orang lain pun langsung saja muncul. Saya pun kemudian mensharingkan 3 langkah inspiratif untuk menjadi pribadi yang terus termotivasi. 3 langkah ini saya sebut dengan istilah TAG! TAG sendiri merupakan singkatan dari 3 hal, yaitu:

Pertama, (T)emukan kelebihan!

Pertanyaan yang saya ajukan untuk bagian pertama ini begitu simple. Saya bertanya apa yang menjadi kekuatan, kelebihan yang dimilikinya. Memang awalnya cukup memakan waktu juga untuk hal ini, karena memang perlu menganalisa apa yang menjadi kekuatan (unique point) kita!

Setelah kita mengetahui kelebihan, potensi atau kekuatan kita, maka ini merupakan modal dasar yang sangat bagus yang akan menjadikan diri kita untuk terus dan selalu termotivasi kemudian. Saya pun ikut membantu teman saya ini untuk menganalisa apa yang menjadi nilai plus dari dirinya. Akhirnya kami pun menemukan ada 5 kelebihan yang dia miliki. Saya pun menchallange dia untuk merenungkan waktu lebih banyak lagi untuk menemukan kelebihan dia yang lain, jika tidak ada saya pun menchallange dia untuk terus mengembangkan hal baru sehingga dapat menjadi nilai plusnya!

Kedua, (A)sah dan maksimalkan kelebihan!

Setelah melewati bagian yang pertama ini, kemudian saya pun menantang kembali untuk teman saya ini supaya mempunyai suatu rencana untuk mengasah dan mengembangkan lebih lagi sampai maksimal apa yang menjadi kelebihannya. Disini saya pun memberikan beberapa tips praktis yang membuat dia cukup terinspirasi untuk mengembangkan kelebihannya itu.

Saya pun berpesan kepada teman saya ini untuk mencari orang yang juga memiliki kelebihan yang sama juga dengan dia, untuk belajar dari yang lebih ahli. Tujuannya adalah supaya keahlian yang dimilikinya ini menjadi maksimal, yang pada akhirnya akan menjadikan sebagai seorang master di bidangnya.

Saya pun menantang teman saya ini kemudian untuk mencari partner yang sama – sama bisa saling bertanggung jawab untuk saling menganalisa kemajuan – kemajuan apa yang sudah dicapai. Disinilah pentingnya evaluasi, dengan evaluasi maka kita tahu bahwa diri kita sekarang sudah sampai dimana serta mau bergerak ke arah mana!

Ketiga, (G)unakan!

Bagian ketiga inilah yang saya anggap paling penting. Setelah kita mengetahui apa yang menjadi kekuatan kita untuk terus termotivasi, kita tentunya harus mengaplikasikannya dalam kehidupan ini. Apalah gunanya kita memiliki keahlian bahkan bakat yang begitu luar biasanya, tetapi tidak digunakan. Tentu saja hal ini tidak akan berdampak apa – apa dalam kehidupan ini.

Saat kita menggunakan apa yang menjadi kekuatan kita, maka kita akan dibuat semakin yakin dan termotivasi dengan apa yang sudah kita miliki. Inilah yang sering saya sebut dengan pola keberhasilan. Dimana saat kita bertindak dan berhasil, kita akan mendapatkan semangat baru untuk mengulanginya, sehingga lama – kelamaan kita akan mencapai keberhasilan yang semakin besar.

So, keputusan akhirnya kembali kepada setiap kita semua. Apakah kita mau menjadi pribadi yang terus bersemangat dan termotivasi? Kalau mau, marilah sama – sama mempraktekkan prinsip TAG ini. Sukses selalu buat rekan pembaca semua. Saya sangat senang jika pembaca pun menjadi pribadi yang sukses dan berhasil! Sukses selalu menyertai Anda!

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.