+62-812-3035-1056 marketing@adrianluis.com

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Banyak orang yang selalu berpikir untuk meraih hal – hal yang besar harus dimulai dengan melakukan hal – hal yang besar. Apakah hal ini salah? Tidak juga sich. Akan tetapi, ada suatu hal yang perlu kita pahami, bahkan hal kecil yang kita lakukan saja bisa membuat perubahan yang besar (small action big change).

Misalnya saja seperti ini. Banyak orang yang mau memiliki kondisi fisik yang sehat. Pertanyaannya adalah apakah kondisi fisik yang sehat itu harus dilakukan dengan hal – hal yang besar? Tidak juga bukan. Kita bisa memiliki kondisi tubuh yang sehat dengan kita makan makanan yang bergizi, minum air yang cukup, tidur yang cukup dan berkualitas, olahraga yang teratur, bahkan jika perlu konsumsi multivitamin yang dapat menunjang kesehatan fisik kita. Bukankah hal ini adalah hal yang simple bukan?

Seorang yang mau menjadi marketing yang handal. Mulailah juga dengan hal – hal kecil yang akan memiliki impact yang besar. Misalnya melakukan prospekting yang lebih banyak daripada rekan – rekan yang lain, melakukan follow up terhadap customer lebih rutin, melakukan upsell / downsell / cross sell terhadap customer yang sudah ada, memberikan ucapan di hari raya / ulang tahun mereka. Bukannya hal ini juga hal kecil yang akan membawa impact besar bagi kita bukan?

Saya jadi teringat dengan sebuah pepatah yang mengatakan perjalanan seribu mil selalu dimulai dengan langkah pertama. Bukankah hal ini juga berbicara hal kecil yang kita lakukan saat ini akan memiliki dampak yang besar untuk ke depannya? Ada pula pepatah yang mengatakan cara memakan habis seekor gajah adalah dengan memakannya sesendok demi sesendok. Bukankah hal ini berkaitan juga dengan small action kita yang dilakukan dengan ketekunan dan konsistensi yang akhirnya membawa perubahan besar bagi hidup kita.

Sama seperti kita mau membaca habis sebuah buku yang terdiri dari ratusan halaman, pasti kalau kita membacanya sekaligus akan terasa berat. Akan tetapi, jika kita lakukan hal kecil saja setiap hari misalnya membaca 5 halaman, pasti buku itu lama kelamaan akan habis juga terbaca.

Oleh karena itu, jika saat ini kita mau mencapai hal yang besar, yuk sama – sama memulai dengan melakukan hal – hal kecil terlebih dahulu. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Life to the FULLEST!

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.