+62-812-3035-1056 marketing@adrianluis.com

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Baru saja beberapa hari kemarin seorang teman mengingatkan kepada saya mengenai hal yang pernah saya share kepadanya tahun lalu. Saya pun hampir lupa bahwa pernah mensharingkan hal ini kepadanya.

Alkisah bahwa tahun sebelumnya, sahabat saya ini mengalami sebuah keterpurukan dalam hidupnya. Singkat cerita sahabat saya ini pun akhirnya membuat janji untuk bertemu dengan saya untuk ngobrol2. Sahabat saya ini menceritakan mengenai apa yang terjadi dalam hidupnya tersebut.

Kemudian saya memberikan sebuah tips yang baru saja saya dapatkan dari sebuah buku “Success Principles” karangan dari Jack Canfield. Saya pun kemudian menginspirasi dia dengan isi dari Bab 1 dari buku tersebut, dimana di Bab 1 buku tersebut mengajak setiap pembacanya untuk bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi dalam hidupnya.

Sampailah saya kepada sebuah rumusan yang ternyata ini membuat sebuah terobosan dalam hidupnya. Rumusan itu oleh Jack Canfield dinyatakan dalam rumusan E + R = O. Dimana E : Event, R : Response, dan O = Outcome.

Jack Canfield dalam bukunya sendiri menceritakan bahwa setiap orang yang mengalami peristiwa yang sama, akan tetapi bisa menghasilkan sesuatu yang berbeda dalam hidupnya. Hal ini disebabkan karena perbedaan dari respon yang diambil. Namanya peristiwa (event) tentu ga bisa diubah, tetapi hasil (outcome) bisa diubah dengan cara mengubah respon yang diambil.

Saya pun kemudian menantang sahabat saya ini untuk melakukan respon yang berbeda serta melihat apa yang dialaminya dalam sudut pandang yang positif. Hampir satu tahun tidak berjumpa, saat saya bertemu dengan dia beberapa hari kemarin, saya merasakan banyak hal yang berubah dalam hidupnya. Saat ini sudah menjadi orang yang lebih positif dan lebih bersemangat menjalani hidup ini, plus saat ini sudah membuka sebuah bisnis yang sedang berkembang.

Tips saya untuk pembaca blog kali ini adalah apapun juga yang sedang dialami, terutama kejadian yang buruk, marilah ambil respon yang terbaik, respon seorang pemenang. Inilah yang akan membuat hidup ini bukannya bergerak turun, tetapi bergerak semakin naik dan tinggal landas!

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.