+62-812-3035-1056 marketing@adrianluis.com

Rahasia Memotivasi Diri Melalui Arah Motivasi
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Saya yakin setiap dari Anda pasti mau donk untuk selalu bisa dalam kondisi yang termotivasi untuk melakukan tindakan apapun. Hayo, jujur saja! Buktinya kalau sudah punya sebuah motivasi, maka pekerjaan yang berat pun akan sanggup kita lalui. Akan tetapi, ada rahasia memotivasi diri dengan arah motivasi!

Mari kita belajar dulu mengenai prinsip dasar motivasi ini. Hampir seluruh motivator kelas dunia setuju hanya ada 2 hal yang akan memotivasi orang, yaitu rasa sakit (PAIN) atau rasa senang / nikmat (PLEASURE). Setiap orang di dunia ini selalu digerakkann oleh kedua hal ini. Coba saja perhatikan, apa saja yang saat ini Anda lakukan pastinya disebabkan karena 2 hal ini bukan?

Pain dan Pleasure inilah yang banyak menggerakkan seseorang untuk bertindak. Kalau kita memahami lebih dalam lagi, sebenarnya rahasia membuat diri kita termotivasi juga karena 2 hal ini. Melalui hal ini, Anda bisa mengetahui apa arah motivasi.

Arah motivasi hanya ada 2, yaitu menghindari (rasa sakit) atau mendekati (kesenangan).

Coba sekarang mari sama – sama manakah yang menjadi dominan dari arah motivasi Anda! Simple! Caranya begini, coba sekarang Anda buka daftar impian yang sudah Anda buat yang mau Anda capai di tahun 2011 ini. Kalau belum dibuat, hayo segera buat. Kalau sudah, tuliskan apa alasan Anda mau impian tersebut menjadi kenyataan?

Dari alasan kenapa impian tersebut harus tercapai, inilah yang akan menentukan mana dominasi arah motivasi Anda.

Misalnya :

Tahun 2011 ini saya memiliki income $ 1,500 per bulan.

Karena dengan uang ini saya bisa mulai berinvestasi, jalan – jalan ke luar negeri. Ini adalah arah motivasi mendekati (moving toward).

Karena dengan uang ini, saya tidak perlu hidup susah, kalau sakit saya bisa membayar biaya rumah sakit, saya benci kehidupan keuangan saya yang biasa – biasa saja. Ini adalah arah motivasi menghindari (moving away).

Jadi, ayo dari daftar impian Anda, buat alasan mengapa impian tersebut harus tercapai di tahun ini dan analisa apa dominan arah motivasi Anda. Inilah yang harusnya untuk berikutnya menjadi pendorong Anda untuk selalu termotivasi. Kalau arah motivasi Anda adalah mendekati (moving toward) selalu bayangkan betapa nikmatnya Anda mencapai impian Anda. Jika arah motivasi Anda adalah menghindari (moving away), bayangkan penderitaan yang amat sangat jika impian tersebut gagal Anda capai. Inilah yang akan membuat diri Anda selalu termotivasi.

Ada komentar mengenai Rahasia Memotivasi Diri Dengan Arah Motivasi?

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.