+62-812-3035-1056 marketing@adrianluis.com

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Semua orang pastinya mau mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Entah adanya perbaikan dari sisi finansial, fisik / kesehatan, mental / kepandaian serta dari sisi spritual. Inilah yang akhirnya akan menjadikan seseorang akan menjadi pribadi yang memiliki keseimbangan dalam hidupnya serta meraih hidup maksimal.

Mari kita sekarang merenungkan bagaimana dengan kehidupan kita pribadi masing – masing. Jika keempat bidang di atas, masing – masing diberi skala 1 – 10. Dimana 1 adalah angka terendah, sedangkan 10 adalah angka tertinggi. Ada dimanakah posisi Anda saat ini menurut Anda pribadi? Manakah bagian yang memperoleh nilai yang tertinggi dan bagian mana juga yang memperoleh nilai terendah?

Ini merupakan refleksi yang sangat baik untuk kehidupan kita sendiri secara pribadi. Di tengah kesibukkan yang kita jalankan setiap harinya, perlu juga kita melakukan analisa apakah kita memiliki kehidupan yang mengarah semakin seimbang (balance) atau kehidupan yang semakin tidak seimbang (un-balance).

Mau memiliki kehidupan yang seimbang bahkan mencapai kehidupan yang optimal?

Bagus! Berikut ini saya coba mensharingkan bagaimana strateginya!

Langkah pertama yang perlu kita semua buat setelah menganalisa kehidupan kita saat ini adalah menentukan visi / tujuan yang mau kita raih. Tanpa adanya tujuan / visi, kita pasti tidak akan bergerak kemana – mana. Bisa – bisa kita hanya berjalan di tempat atau berputar – putar saja.

Saat ini juga, ayo tentukan bagian mana yang mau kita improve dalam beberapa bulan ini? Imajinasikan juga seperti apa gambarannya yang ingin kita capai. Kalau sudah, mari kita bergerak ke tahapan yang berikutnya.

Langkah kedua adalah menentukkan apa strategi yang perlu saya lakukan untuk membuat peningkatan (progress) ini. Buat daftar (list) tindakan yang perlu kita lakukan supaya akhirnya kita akan mencapai hasil yang sesuai dengan yang telah kita buat di atas. Visi tanpa perencanaan tindakan akan mustahil sekali untuk dicapai. Buatlah sebanyak mungkin daftar tindakan yang diperlukan sehingga akan membuat kita semakin mendekati apa yang menjadi visi kita.

Sampai langkah kedua saja sudah baik, tetapi yang terpenting adalah langkah ketiga yaitu bertindak (action). Visi sebaik apapun, rencana tindakan sebaik apapun, jika tidak diikuti oleh tindakan hanya akan menjadi mimpi dan angan – angan saja. Ayo, lakukan tindakan atau bertindaklah sesuai dengan list tindakan yang mau kita lakukan. Inilah yang akan membuat perbedaan. Seorang bijak pernah berkata pengetahuan yang kita miliki tidak akan membuat perubahan dalam kehidupan kita sampai kita mempraktekkan pengetahuan tersebut yang akhirnya akan membuat perubahan dalam kehidupan kita.

Langkah terakhir merupakan langkah yang merupakan kunci untuk perubahan kita. Bertindak tanpa arahan akan membuat kita juga mungkin mengarah ke arah yang salah. Sama seperti kita mengendarai kendaraan, kadang kita perlu mengatur kemudi supaya kendaraan tersebut tetap di dalam jalur dan tidak keluar jalur. Langkah keempat ini bicara mengenai evaluasi.

Dalam tahapan ini yang bisa kita lakukan adalah dengan membuat progress report mengenai tindakan – tindakan yang telah kita lakukan setiap harinya. Sehingga dalam 1 minggu kita bisa melihat sampai sejauh mana progress yang telah kita capai, apa saja hal – hal yang perlu diubah bahkan ditambahkan. Lakukan juga evaluasi secara berkala dalam bulanan, per 3 bulan, per 6 bulan hingga per tahun. Kalau hal ini dilakukan dengan sungguh – sungguh, seharusnya kita akan tercengang mengetahui progress perubahan yang telah kita lakukan selama 1 tahun.

So, mau mencapai kehidupan yang seimbang dan menuju kemaksimalan? Yuk sama – sama lakukan keempat hal diatas, OK? Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Life to the FULLEST!

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.