+62-812-3035-1056 marketing@adrianluis.com

Positive Mental Attitude
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Salah satu pertanyaan yang sangat sering diajukan kepada saya dalam sesi – sesi coach yang saya berikan adalah berkaitan dengan bagaimana memiliki sikap mental yang positif. Memang tidaklah mengherankan hal ini selalu menjadi pembicaraan yang menarik. Coba saja Anda renungkan berapa banyak hal positif yang Anda dapatkan setiap harinya? Sampai – sampai pengarang buku “Success Principles” – Jack Canfield pernah mengatakan bahwa rata – rata manusia sepanjang harinya menerima 80% hal yang negatif!

Jadi bagaimana solusinya? Kali ini saya akan memberikan strategi yang biasa saya pakai untuk selalu memiliki mentalitas yang positif! Saya menyebutnya ini sebagai P.I.N. Strategy. PIN disini bukanlah yang biasa kita kenal sebagai Personal Identification Number, tetapi ini merupakan akronim dari langkah sakti dan dahsyat! Mari kita praktekkan satu per satu.

1. [P]utari diri Anda dengan orang – orang positif!

Langkah pertama untuk menjadikan kita selalu memiliki metalitas yang positif adalah dengan mengelilingi diri kita dengan orang – orang yang positif! Percaya atau tidak, sedikit banyak kita banyak dipengaruhi oleh orang – orang yang sering kita ajak berinteraksi.

W. Clement Stone sendiri, yang merupakan pembicara terkenal dengan “Success System That Never Fail”, pernah mengatakan bahwa berikan kepada saya rata – rata income dari 10 orang yang sering Anda ketemui, maka itulah rata – rata penghasilan Anda.

Hal yang menarik ini tentunya berlaku juga untuk menjadikan diri kita orang yang positif! Kalau disekeliling kita lebih banyak orang yang negatif, sudah pasti kita juga akan mudah terpengaruh menjadi orang yang negatif!

Saya pernah mengenal seseorang yang selalu mengeluh akan hidupnya, ternyata selidik demi selidik, orang tersebut tinggal di lingkungan orang – orang yang suka mengeluh.

Ada pula saya mengenal seorang sahabat yang sangat positif, ternyata setelah saya selidiki kehidupannya lebih banyak bertemu dengan orang yang selalu berpikir positif, seperti teman bermainnya, teman sekantornya, serta tetangganya.

Jadi langkah pertama untuk memiliki mental positif adalah dengan mengelilingi diri Anda dengan orang yang positif!

2. [I]si diri Anda dengan hal positif!

Hal yang kedua yang dapat dilakukan adalah dengan mengisi diri kita dengan hal – hal yang positif. Mungkin saja kita tidak bisa menolak karena saat ini tinggal dengan lingkungan yang lebih banyak negatifnya. Salah satu mentor saya, Anthony Dio Martin mengatakan orang – orang ini termasuk dalam kategori TOXIC, bahkan sampai – sampai ada bukunya lho… Oops, malah jadi promosi nich! Kalau mau tahu, silahkan saja browsing ke websitenya.

Bahkan rekan saya yang sangat luar biasa, ‘Josua’ Iwan Wahyudi pun sampai – sampai membuat buku yang fenomenal yang berjudul “Menikah adalah Bunuh Diri“. Ini bisa terjadi jika kita ga pernah isi diri kita dengan hal – hal yang positif sehingga pernikahan pun bisa menjadi salah satu alasan untuk bunuh diri. He3…

Lho2, koq 2 paragraf di atas malah jadinya promosi sich? Tentunya ada alasannya donk… Ada beragam cara untuk mengisi diri kita dengan hal yang positif. Kita bisa lakukan dengan membaca buku – buku pengemabangan diri sehingga menjadikan diri kita menjadi lebih positif, kita juga bisa mendengarkan audio cd, menonton video cd/DVD yang akan menjadikan diri kita menjadi lebih positif! Minimal 1 bulan bacalah 1 buku dech!

Kaya gini aja pernah ada yang complain sama saya. Lho, Pak, saya khan income per bulannya pas – pasan, gimana donk? Nah, saya tanya sama dia, kamu satu hari bisa nabung berapa. Ya dicicil aja toh, nanti juga bisa beli buku. Kalau 1 hari bisa nabung 2 ribu saja maka sebulan sudah terkumpul 60 ribu, bisa dech beli 1 buku! 🙂 Untuk itulah langkah ketiga berikut ini menjadi penting… Apa sich langkah ketiganya?

3. [N]iatkan untuk selalu positif!

Yes! Langkah ketiga adalah NIAT! Ini emank bagian yang paling susah. Kalau kita sudah meniatkan, maka seharusnya kita bisa! Ayo, jika kita sudah memiliki NIAT untuk menjadikan diri kita lebih positif, so pasti langkah pertama dan kedua akan dengan mudah dilakukan!

Selamat berjuang menjadi pribadi yang memiliki POSITIVE MENTAL ATTITUDE! Sukses selalu buat Anda semua…

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.