+62-815-9988-487 marketing@adrianluis.com

Salah satu hal yang sering kali dilupakan bahkan ditinggalkan oleh seseorang yang sudah tidak lagi duduk di bangku sekolah adalah belajar. Mungkin karena kesibukan kita di dunia kerja maupun bisnis, kita sudah lama berhenti bahkan lupa belajar. Luangkan waktu kita beberapa menit ini, dan kembali milikilah semangat belajar.

Percaya atau tidak, kalau kita mau terus bertumbuh dan berkembang dalam kehidupan ini, salah satu semangat yang perlu kita miliki adalah semangat untuk belajar. Kalau kita tidak belajar hal yang baru, maka tahun kita saat ini dan tahun mendatang akan menjadi tahun yang sama.

Jika kita saat ini merasakan tahun – tahun bahkan hari – hari dalam kehidupan kita yang monoton, cobalah cek apakah kita mempelajari hal yang baru akhir – akhir ini. Kehidupan kita akan menjadi berwarna saat kita belajar sesuatu yang baru dan menerapkannya.

Misalnya seorang yang memiliki profesi di bidang keuangan, tentunya akan bosan dengan kehidupan karirnya jika sudah tidak lagi belajar. Akan tetapi, saat memulai belajar hal yang baru seperti investasi, pengelolaan keuangan, atau hal – hal praktis lainnya yang belum pernah dipelajari sebelumnya, akan membuat hidupnya menjadi lebih bermakna.

Tidak ada seorangpun di dunia ini yang akan bertumbuh mencapai potensi maksimalnya tanpa belajar. Memiliki semangat belajar adalah hal yang mutlak kalau kita mau terus berada di depan dan menjadi seorang yang dapat membawa perubahan.

Lantas, bagaimana untuk memiliki semangat belajar?

Pertama, mulailah mencari tahu hal – hal yang menarik perhatian kita.

Kita akan cenderung lebih memiliki semangat mempelajari hal yang baru jika hal itu menarik perhatian dan minat kita. Mulailah kita mempelajari sesuatu yang baru dari sini. Misalnya saya sebagai seorang trainer. Saya suka segala sesuatu yang bisa digunakan untuk mengembangkan orang lain. Akhirnya ilmu dan teknologi seperti memberikan personal success coaching saya pelajari.

Karena saya suka dengan hal ini, akhirnya saya pun dengan sukarela memberikan waktu saya untuk mempelajari hal ini. Secara tidak langsung, semangat belajar saya menjadi bertumbuh.

Kedua, komitmenkan waktu kita untuk belajar.

Milikilah komitmen berapa awalnya banyak waktu yang mau diinvestasikan untuk mempelajari hal yang kita sukai. Tidak perlu mulai dengan waktu yang banyak. Bisa dimulai dengan 10 menit dahulu. Lama kelamaan, karena kita menyukainya, waktu yang akan diinvestasikan akan bertumbuh dengan sendirinya.

Saya juga mulai dengan 10 menit pertama saya. Akhirnya secara tidak sadar, dalam sehari, saya bisa menghabiskan berjam – jam waktu saya untuk belajar, latihan serta praktek apa yang saya pelajari.

Ketiga, praktekkan apa yang kita pelajari.

Sesuatu yang kita ketahui tidak akan menjadi sesuatu yang bermanfaat sebelum kita menggunakannya. Tanpa tindakan tidak akan ada perubahan yang terjadi. Karena tindakanlah maka perbedaan akan terjadi.

Mulailah praktekkan minimal 1 hal yang kita pelajari setiap harinya. Hal ini memerlukan sebuah dorongan dari dalam diri kita untuk melakukannya terus – menerus sampai menjadi sebuah kebiasaan.

Contohnya seperti saya belajar menjadi seorang coach. Beberapa rekan terdekat saya, saya tawarkan coach secara gratis. Ini sangat berguna untuk meningkatkan jam terbang saya.

Keempat, berbagilah apa yang sudah kita pelajari dan teruslah belajar.

Hal yang akan membuat semangat belajar kita bertumbuh adalah dengan berbagi. Saat berbagi, kita tidak akan kehilangan, tetapi malah kita akan semakin ditambahkan. Menarik memang!

Saya pun melakukannya, saya berbagi dengan beberapa rekan se-profesi. Ajaibnya, kemampuan dan expertise saya semakin bertumbuh jadinya. Secara tidak disadari, saya jadi mau untuk lebih dan lebih lagi belajar.

Pembaca, jika kita mau tahun 2012 ini menjadi tahun yang membuat perbedaan dalam hidup kita, bisa dimulai dengan hal yang sederhana. Milikilah semangat belajar.

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.