+62-815-9988-487 marketing@adrianluis.com

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Suatu ketika saya pernah mendapatkan sebuah kesempatan untuk berbincang – bincang dengan orang yang saya nilai cukup berhasil dalam sisi finansialnya. Saya pun dalam perbincangan itu mengajukan beberapa pertanyaan mengenai apa yang harus dilakukan oleh seseorang untuk mencapai keberhasilan di dalam kehidupan keuangannya. Jawabannya cuma singkat “perlu mindset yang TEPAT!

Pada tulisan kali ini, saya akan menginspirasi dan mencerahkan setiap pembaca untuk menyadari bahwa mindset kita kadang bisa memberdayakan kita untuk menjadi lebih baik atau bisa juga memperdaya kita! Mulai saat ini kenalilah setiap pemikiran – pemikiran yang muncul dalam diri Anda yang tentunya akan mempengaruhi keadaan hidup, tingkat pendapatan serta memberdayakan untuk mengubah hidup menjadi lebih baik (better life)!.

8 Pelajaran mengenai FINANCIAL SUCCESS MINDSET

Berikut ini adalah 8 pelajaran penting untuk memiliki mindset dalam meraih kesuksesan dalam finansial yang merupakan hasil dari ngobrol – ngobrol saya.

Pelajaran Pertama

RICH people believe “I CREATE my Life” but POOR people believe “Life HAPPENS to me”

Pelajaran penting pertama inilah yang mengawali kunci dari pelajaran lainnya. Dalam pelajaran pertama ini, orang yang sukses secara finansial adalah orang yang mengambil tanggung jawab dalam proses kesuksesan finansial mereka. Mereka tidak mau hanya diam dan menunggu, tetapi mereka membuat rencana dan tindakan untuk mencapai impian serta kehidupan finansial yang mereka inginkan. Jadi, apakah Anda hanya duduk diam saja menunggu suatu keadaan finansial yang diinginkan atau Anda bertindak mengambil tindakan dan bertanggung jawab untuk mencapainya?

Pelajaran Kedua

Money is extremely important in the areas in which it works and extremely unimportant in the areas in which it doesn’t

Ada yang pernah mengatakan bahwa uang adalah segalanya, ada pula yang pernah mengatakan bahwa uang bukanlah segalanya. Yang benar adalah uang itu penting, tetapi uang bukan segalanya walaupun segala sesuatu membutuhkan uang. Memang uang itu memiliki peranan yang penting dalam hidup ini, karena hampir segala sesuatunya dapat dibeli dengan uang. Tetapi ada hal – hal juga yang tidak dapat dibeli dengan uang, seperti cinta (kasih), kejujuran, semangat, dan lainnya. Jadi, gunakanlah uang dalam situasi dan kondisi yang tepat, gunakan untuk hal – hal yang membangun serta pergunakan dengan bijaksana.

Pelajaran Ketiga

When you are COMPLAINING, you become a living, breathing ‘crap magnet’

Salah satu penyebab mengapa orang tidak dapat mencapai kehidupan finansial yang diinginkan adalah karena mereka selalu complain / mengeluh mengenai kehidupan finansial mereka saat ini. Saat mereka mengeluh sebenarnya mereka mengatakan kepada diri mereka sendiri bahwa mereka tidak percaya akan mendapatkan kehidupan finansial yang mereka impikan. Mereka menutup diri terhadap segala kemungkinan dan peluang yang pada akhirnya akan membawa mereka menuju kehidupan finansial yang mereka inginkan. So, berhati – hatilah dengan sikap Anda saat ini yang tentunya akan menentukan masa depan Anda!

Pelajaran Keempat

There is no such thing as a really rich VICTIM!

Tidak ada yang namanya orang mencapai kehidupan finansial mereka adalah sebuah kebetulan. Mereka menjadi korban sehingga menjadi kaya. Justru keadaan finansial yang dicapai dengan sebuah kebetulan biasanya tidak akan bertahan lama. Contohnya saja orang yang memenangkan sebuah hadiah lotre, tentu saja pola pikirnya akan menjadi mau saya beli apa yach dengan uang sebanyak ini. Justru orang yang mencapai kondisi finansial mereka melalui proseslah yang akan menghargai dan dengan bijaksana menggunakan apa yang didapatkannya. Jadi, mulai saat ini siapkan rencana dan lakukan rencana untuk mencapai kehidupan finansial yang diinginkan (plan your work and work your plan).

Pelajaran Kelima

I create the exact level of my FINANCIAL success!

Setiap orang yang berhasil mencapai kehidupan finansial mereka adalah orang yang sudah menentukan terlebih dahulu apa yang mau dicapainya. Saya jadi teringat dengan proses penciptaan / realisasi sebuah impian. Dimana proses tersebut haruslah melalui 2 proses yaitu proses penciptaan yang pertama adalah di pikiran (imajinasi) dan proses berikutnya adalah penciptaan di alam nyata (realiasasi). Jadi, setiap orang yang mau memiliki kehidupan finansial yang diimpikan, harus mulai menentukan secara jelas dimana level finansial yang mau diraihnya!

Pelajaran Keenam

Rich people play the money game to WIN
Poor people play the money game to NOT LOSE

Pelajaran keenam ini berkaitan dengan prinsip investasi. Dimana orang kaya selalu memiliki prinsip dalam investasi (termasuk bisnis di dalamnya) adalah menjadi menang, dan bukan hanya berjaga – jaga untuk tidak kalah. Disini artinya bahwa sebagai orang yang mau mencapai kehidupan finansial yang lebih baik, selalu miliki beberapa langkah ke depan. Kembangkan terus potensi dan nilai tambah (strong point) yang dimiliki! Siapkan juga untuk segala sesuatunya jika ada kemungkinan gagal (prepare for the worst condition). Uang hanyalah tools yang membawa kita mencapai kondisi finansial. Jadi anggaplah dalam melakukan investasi sama seperti sedang bermain, pikirkanlah strategi untuk menang, belajarlah kepada orang yang telah sukses di bidangnya!

Pelajaran Ketujuh

If your goal is to be comfortable chances are you’ll never get RICH.
But if your goal is to be rich, chances are you’ll wind up / end up MIGHTY COMFORTABLE.

Salah satu penyebab mengapa orang tidak mencapai kehidupan finansial yang mereka impikan adalah karena mereka hanya menentukan impian yang nyaman bagi mereka. Ini adalah zona nyaman! Untuk bisa sukses dan berhasil hal yang diperlukan adalah berani keluar dari zona nyaman, masuklah ke zona resiko dimana peluang keberhasilannya 50%-50%. Pada area inilah tentunya kita mau tidak mau akan mengembangkan seluruh potensi dan kapasitas, sehingga pada akhirnya akan mencapai kehidupan yang lebih baik (nyaman). Jadi, tantang terus diri Anda untuk keluar dari zona nyaman! Hanya orang yang berani keluar dari zona nyamanlah yang akhirnya akan menjadi sukses!

Pelajaran Kedelapan

My goal is to become a MILLIONAIRE and more!

Pelajaran terakhir adalah miliki goal yang sangat jelas dan detail untuk menjadi seorang millionaire dan lebih. Ingat tujuan untuk menjadi seorang millionaire adalah ujung – ujungnya lewat apa yang berhasil Anda capai akan lebih banyak membantu orang lain, lebih banyak orang yang semakin disejahterakan. Ingat, Indonesia memerlukan orang – orang yang memiliki mental seperti ini untuk melakukan sebuah percepatan menjadi negara yang makmur!

Mari kita bersama – sama mengaplikasikan ke delapan pelajaran ini untuk menjadikan diri kita mencapai kondisi finansial yang diinginkan serta membantu orang lain untuk mencapai kehidupan finansial yang lebih baik juga. Sama seperti saat kita menarik orang untuk menaiki sebuah tangga, saat kita mau membantu orang tersebut tentunya kita harus sudah berada di atas dari orang yang mau kita tolong. Mari bersama – sama saling menolong untuk mencapai kehidupan finansial yang diinginkan yang akhirnya akan membuat Indonesia ini menjadi semakin makmur dan segera bebas dari krisis dan kemiskinan!

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.