+62-812-3035-1056 marketing@adrianluis.com

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Pernahkah kita melihat sebuah bola salju? Saat sebuah bola salju yang dilemparkan seorang anak kecil dari sebuah pegunungan yang tinggi, bola itu terus dan terus bergulir hingga menjadi sebuah bola salju yang besar. Dari sebuah bola salju yang kecil sampai akhirnya bola salju itu pun terus dan terus membesar, sampai apa pun yang menghalanginya akan ditabraknya dan hancur berkeping – keping.

Setiap kita pastinya sudah pernah mengetahui hal ini. Ada sebuah pembelajaran yang menarik yang dapat diambil dari kejadian alam ini. Dari sebuah bola salju yang kecil yang hanya seukuran kepalan tangan yang akhirnya menjadi sebuah bola salju raksasa. Inilah yang disebut dengan momentum.

Dalam kehidupan ini, jikalau kita mau meraih sebuah kesuksesan, prinsip yang harus kita ciptakan adalah menciptakan momentum. Saat momentum tercipta, maka segalanya serasa makin cepat dan makin mengarahkan kepada goal yang akan kita raih. Siapa sich di dunia ini yang tidak mau mendapatkan kehidupan yang lebih baik ataupun lebih sukses? Tentunya setiap kita mau meraih hal ini bukan?

Perbedaan kecil yang akhirnya menjadi sebuah perbedaan besar dalam proses pencapaian kesuksesan adalah dalam menciptakan momentum dalam hidup ini. Jika kita mau mencapai kesuksesan dengan lebih cepat dan konsisten serta bertahan lama, hal yang harus dilakukan pertama kali adalah dengan menciptakan momentum tersebut.

Start from FIRST step!

Apa yang harus kita lakukan untuk menciptakan momentum dalam hidup kita? Tidak lain adalah dengan mengambil tindakan pertama dalam hidup ini. Disini saya jadi ingat dengan sebuah pepatah populer yang mengatakan bahwa kesuksesan perjalanan ribuan mil dimulai dari langkah pertama!

Segala kesuksesan dan keberhasilan yang telah terjadi dalam kehidupan ini tentunya dimulai dengan langkah pertama yang diambil. Tidak ada yang dapat dicapai tanpa adanya tindakan. Tidak melakukan apa – apa pun merupakan tindakan yang hasil akhirnya tidak mencapai apa – apa pula.

Memang dalam melakukan tindakan awal, terkadang diri kita diselimuti rasa takut, ragu – ragu dalam mengambil tindakan awal. Tetapi hal yang ajaib akan terjadi saat kita mulai mengambil tindakan pertama ini.

Seperti sebuah lokomotif di jaman dahulu, dimana untuk menggerakkan lokomotif pertama kali dibutuhkan tenaga yang ekstra untuk menggerakkannya.  Perlu proses waktu lama dan energi yang cukup besar yang akhirnya akan menggerakkan lokomotif tersebut.

Akhirnya setelah lokomotif ini bergerak dan kecepatannya terus – menerus bertambah, bahkan untuk menghentikannya pun perlu tenaga yang ekstra. Dimana saat mencapai kecepatan maksimalnya, tembok yang tebal pun akan hancur berkeping – keping ditabraknya.

Begitu pula dalam kehidupan ini. Terkadang tindakan pertama yang akan kita ambil menjadi beban yang luar biasa. Tetapi, jika kita sudah mulai mengambil tindakan yang pertama, maka tindakan – tindakan selanjutnya akan menjadi semakin mudah. Saat itulah lama – kelamaan akan tercipta sebuah momentum sehingga akan sulit untuk dihentikan.

Saya jadi ingat dengan pengalaman pribadi saya sendiri saat pertama kali mau membuat sebuah artikel inspirasi. Artikel pertama saya dibuat dengan sangat – sangat membutuhkan tenaga ekstra untuk membuatnya. Bahkan saya merasa rasanya sulit sekali membuat artikel walau hanya 1/2 halaman saja.

Tetapi saya pun tidak berhenti, dengan mengerahkan tenaga maksimal, akhirnya terciptalah juga artikel pertama saya. Setelah artikel insprasi pertama saya jadi, untuk artikel kedua, ketiga bahkan seterusnya serasa menjadi lebih mudah. Bahkan saat ini untuk membuat artikel sepanjang 2 halaman A4 pun serasa lebih mudah. Inilah yang dinamakan momentum, yang kuncinya dimulai dengan mengambil langkah pertama.

Saya pun ingat juga saat pertama kali belajar menjual atau memarketingkan sebuah produk. Rasanya saat pertama kali melakukannya, saya dipenuhi rasa takut. Inilah yang membuat saya hampir mau berhenti dan rasanya pun sangat berat sekali untuk melakukannya. Langkah yang saya lakukan adalah dengan memaksakan untuk mengambil langkah pertama. Walaupun akhirnya ditolak, tetapi saya sudah berhasil melakukan sebuah tindakan.

Dari situlah kemudian muncul keberanian untuk mencoba dan mencobanya lagi, akhirnya semakin lama kemampuan ini pun semakin terasah dan terlatih. Disinilah momentum itu tercipta. Memang apa yang terkadang kita takuti belum tentu menjadi kenyataan.

Salah satu orang yang saya mentor, pernah menceritakan kepada saya sebuah impiannya untuk menjadi seorang MC. Saya pun mendorong dia untuk berani mengambil tindakan di setiap kali ada kesempatan terbuka untuk menjadi MC. Saya pun menchallange dia untuk mulai menjadi MC di sebuah acara yang resikonya kecil, di acara yang terdiri hanya 10 orang.

Sebelum tampil, ia sangat gugup dan grogi. Saya pun mendorong supaya dia tidak mundur tetapi terus maju dan berusaha sebaik mungkin melakukan yang terbaik. Memang hal pertama ini cukup sulit baginya, akan tetapi setelah pengalaman yang pertama itu, dia pun terus berlatih dan meningkatkan kemampuan dirinya. Alhasil, saat ini dia menjadi MC yang jauh lebih baik dari yang pertama kali dilakukannya dan saat ini dia pun bergerak menjadi seorang MC yang professional.

Cobalah berikan kepada saya sebuah nama orang yang telah berhasil di bidangnya! Saya percaya bahwa orang tersebut dulunya bukanlah siapa – siapa. Dulunya pastilah juga seorang pemula! Tetapi setelah mengambil tindakan pertama dan menciptakan momentum, akhirnya orang tersebut  semakin lama menjadi semakin baik dalam kualitasnya.

Di akhir artikel ini, saya menantang kepada setiap pembaca, jika di tahun ini mau menghasilkan sesuatu yang spektakuler, ayo ciptakan sebuah momentum dalam hidup ini. Mungkin saat ini ada impian atau cita – cita yang sudah lama terkubur, mungkin saja dikarenakan adanya ketakutan ataupun keraguan. Ayo, buat perencanaan dan segera ambil tindakan pertamanya!

Saat tindakan pertama telah diambil untuk tindakan kedua, ketiga, keempat bahkan seterusnya akan menjadi lebih mudah. Segalanya dimulai dari langkah pertama yang diikuti dengan konsistensi yang akhirnya akan menciptakan sebuah momentum dalam hidup ini! Yuk, mari sama – sama ciptakan momentum dalam hidup kita sehingga tahun ini akan menjadi tahun yang lebih spektakuler bagi hidup kita!

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.