+62-812-3035-1056 marketing@adrianluis.com

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Minggu – minggu terakhir ini banyak sekali yang mengirimkan kepada saya email yang menanyakan tips untuk bagaimana bisa melakukan presentasi yang lebih baik. Nah, pertanyaan tersebut saya jawab buat Anda melalui artikel kali ini. Artikel kali ini akan membahas Bagaimana Membuat Presentasi Yang Memukau!

Nah, saya akan langsung memberikan tipsnya saja kepada Anda berdasarkan pengalaman saya dalam memberikan presentasi ataupun training semenjak tahun 2002. Saya saat ini juga masih terus dan terus belajar. Masih belajar dari para pakar pembicara dan komunikasi top di Indonesia maupun Internasional.

Ok kalau begitu, ini beberapa tips buat Anda. Semoga bermanfaat!

1. Kuasai Materi Anda

Hal yang paling penting dalam sebuah presentasi adalah apa materi yang akan Anda bawakan. Materi dan penguasaan materi serta kedalaman materi yang Anda kuasai akan membuat presentasi Anda semakin lebih baik.

Ini tidak ada proses yang instant! Anda perlu menyediakan waktu khusus untuk mengadakan riset, mempelajari serta mendalami apa yang Anda sampaikan. Inilah yang akan membuat Anda menjadi seorang yang layak untuk didengarkan saat Anda berbicara!

2. Kenali Siapa Audience Anda!

Mengenali siapa audience Anda adalah salah satu faktor penting juga yang perlu Anda kuasai. Tentunya berbicara di depan ibu – ibu, bapak – bapak, mahasiswa, pelajar, karyawan, manager, serta direksi memiliki pola yang berbeda.

Untuk itu kenali juga kepada siapa Anda akan berbicara serta bagaimana karakteristik mereka. Ini akan sangat diperlukan supaya Anda cepat connect dengan audience Anda. Jangan sungkan untuk bertanya kepada orang yang lebih memahami mengenai hal ini. Ini akan sangat membantu Anda saat presentasi Anda nantinya!

3. Grogi? Wajar itu …

Setiap pembicara sekaliber apapun pasti mengalami yang namanya grogi ini. Salah satu mentor saya pernah mengatakan hal yang membedakan seorang pembicara berpengalaman dengan yang pemula adalah proses kecepatan recovery dari groginya. Saya pun masih grogi saat memberikan presentasi untuk orang yang baru saya kenal. Karena itu penting sekali tahapan yang kedua diatas, tujuannya untuk membuat kita cepat connect sehingga kita akan nyaman saat berbicara dan memberikan presentasi.

4. Latihan Bayangan

Salah satu hal yang bisa kita lakukan sebelum melakukan presentasi adalah melakukan latihan bayangan. Saya ingat dengan sebuah buku saat awal – awal saya mempelajari skill presentasi ini. Di dalam buku “Peace of Mind” karangan Sandy Mc Gregor, dalam salah satu babnya disebutkan pentingnya melakukan latihan bayangan.

Dalam tahap ini yang Anda lakukan adalah melakukan visualisasi saat Anda tampil. Lakukan seolah – olah hal itu sedang terjadi. Bayangkan bagaimana Anda mulai berbicara, apa respon audience, apa yang akan Anda sampaikan, dan bagaimana tepuk tangan yang bergemuruh saat Anda selesai melakukan presentasi.

5. Improvisasi

Hal tambahan ini dapat Anda lakukan untuk membuat presentasi Anda semakin renyah. Lakukan improvisasi seperti memasukkan jokes, mengadakan simulasi, serta hal – hal lainnya yang dapat membuat presentasi Anda semakin memukau.

Saya rasa kelima hal diatas sudah cukup membuat presentasi Anda semakin lebih baik lagi. Dengan mempraktekkan tips Bagaimana Membuat Presentasi Yang Memukau, Anda pasti akan semakin menyukai presentasi. Saya tunggu tanggapan positif Anda serta improvement yang sudah berhasil Anda raih. Let’s discuss…

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.