+62-812-3035-1056 marketing@adrianluis.com

7 Langkah Dahsyat Meningkatkan Produktifitas
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Ukuran pencapaian seseorang selalu diukur berdasarkan produktivitasnya. Bahkan jika Anda saat ini adalah seorang karyawan pun pasti sudah tidak asing lagi dengan ukuran produktivitas Anda yang diukur dengan hasil di Key Performance Indicator (KPI). Seorang pengusaha pun memiliki ukuran produktivitasnya dengan hasil yang dicapai dalam usahanya. Bahkan sahabat saya yang juga seorang penulis buku bestseller menentukan angka produktivitasnya dari berapa jumlah buku yang bisa diterbitkan dalam 1 tahun. Jadi, bagaimana donk cara meningkatkan produktivitas? Baca terus artikel ini untuk mendapatkan 7 Langkah Dahsyat Meningkatkan Produktivitas.

Sebelum saya berbagi kepada Anda apa tips langkah – langkahnya. Mari kita samakan persepsi kita dahulu mengenai pengertian produktivitas. Produktivitas berasal dari kata productivity, yang merupakan gabungan dari 2 kata yaitu product + activity. Jadi produktivitas berbicara mengenai tindakan Anda dalam waktu tertentu yang menghasilkan sesuatu produk entah itu ide, barang, strategi, dll.

Sudah siap? Mari kita mulai membahas apa sich langkah – langkahnya?

Siap – siap… Ya! Saatnya kita mulai…

Pertama, Fokus 100%

Kunci pertama untuk menjadi pribadi yang produktif adalah fokus! Fokus 100% kepada apa yang saat ini sedang Anda kerjakan atau hal yang mau Anda hasilkan. Semakin banyak yang Anda fokuskan untuk dikerjakan dalam waktu bersamaan, maka hasilnya pasti standard – standard saja atau bahkan tidak menghasilkan sama sekali.

Gini, biar mudah saya kasi sebuah ilustrasi seperti ini. Sinar apakah yang saat ini banyak digunakan oleh medis untuk melakukan pembedahan? Tepat! Sinar laser. Mengapa menggunakan sinar laser dan bukan sinar lampu neon? Jelas sekali bukan alasannya adalah karena sinar laser sangat fokus, sedangkan sinar lampu neon berpendar ke banyak arah.

Demikian juga seperti kita, kalau kita tidak sangat fokus 100%, maka yang Anda hasilkan tidak akan menghasilkan hasil yang spektakuler dan lama. Contohnya saja saat saya menulis artikel ini, saya sangat fokus 100%! Tidak sambil browsing – browsing, cek email, sambil chat di BBM atau YM bahkan sambil telepon atau sms-an. Kalau hal ini saya lakukan, tentunya untuk membuat artikel ini bisa 1 hari baru jadi, bahkan 1 minggu… Setuju khan dengan saya?

Kedua, Kembangkan Semangat

Langkah selanjutnya untuk bisa produktif adalah mengembangkan semangat. Semangat untuk menghasilkan sesuatu adalah sebuah modal utama untuk menjadikan diri Anda produktif. Anda kurang bersemangat? Gampang, tinggal baca saja artikel – artikel yang sudah banyak saya tulis di website ini dalam tag atau category Motivasi. Silahkan klik, baca dan praktekkan! Pasti semangat Anda untuk lebih produktif akan meningkat.

Ketiga, Tidak Perlu Menunggu Mood Yang Tepat

Langkah ketiga adalah tidak perlu menunggu sampai mood tepat. Banyak orang dalam pelatihan, coaching maupun konseling saya mengatakan, “Pak, wajar donk saya belum bisa melakukan dan menghasilkan ini sekarang… Habis saya blom mood nich Pak untuk melakukannya…” Pernah dengar kalimat seperti ini? Atau sering malah? Hehehehe… Orang yang produktif adalah orang yang tidak perlu sampai menunggu moodnya sangat tepat baru bertindak. Asal sudah ada mood sedikit saja, mulailah bertindak. Saat mulai bertindak, tentunya mood Anda akan semakin baik untuk menjadikan Anda semakin produktif.

Keempat, Tidak Perlu Menunggu Waktu Yang Tepat

Langkah keempat adalah tidak perlu menunggu waktu yang tepat. Ini lagi banyak orang sering mengatakan waktunya belum tepat nich, nanti saja, besok – besok saja. Akhirnya hal yang harusnya sudah bisa dikerjakan dan diselesaikan serta mendapatkan hasil tidak akan pernah terwujud. Waktu yang tepat adalah saat ini juga! Mulailah bertindak saat ini… Saat Anda memulai melakukan langkah pertama Anda, Anda pasti akan semakin bersemangat untuk melakukan langkah berikutnya.

Kelima, Ketahui Secara Pasti Apa Yang Harus Dilakukan

Tahapan ini sangat penting. Anda harus mengetahui secara pasti apa yang harus Anda lakukan. Ini berbicara mengenai strategi yang perlu Anda lakukan. Jika Anda bingung tidak mengetahui bagaimana caranya, silahkan bertanya kepada orang yang tepat dan sudah menghasilkan apa yang mau Anda hasilkan atau cari informasinya.

Sharing pribadi saya, dahulu saat saya memulai pertama kali menulis artikel, kualitas tulisan saya sangat buruk. Akhirnya saya banyak bertindak untuk belajar dari orang – orang yang lebih fasih dalam menulis. Hasilnya setelah saya mempelajari dan mengetahui pasti apa yang harus dilakukan dan mulai bertindak, maka kualitas tulisan saya menjadi meningkat. Anda juga pasti bisa melakukannya!

Keenam, Termotivasilah Untuk Bertindak

Langkah penting selanjutnya adalah termotivasilah untuk bertindak. Tanpa tindakan, tentunya hanya NOL BESAR yang berhasil Anda capai. Misalnya Anda mau menjual sebuah produk, tentunya Anda harus mulai bertindak dengan mempromosikan produk yang akan Anda tawarkan. Saat motivasi untuk bertindak itu sudah ada dan Anda mulai bertindak, percayalah Anda akan menjadi produktif.

Ketujuh, Berjanjilah Untuk Memberikan Reward Kepada Diri Sendiri

Langkah terakhir ini yang sering dilupakan. Berikan reward setiap kali Anda berhasil melakukan dan mencapai sesuatu. Saat Anda memberikan reward, pasti Anda akan bersemangat untuk mencapai sesuatu yang lebih besar lagi. Sekedar sharing lagi, saat saya telah selesai membuat rekaman insert motivasi saya untuk radio Rasika FM Network selama 1 bulan, saya memberikan reward kepada diri saya sendiri dengan makan – makanan yang enak. Saat saya selesai memberikan training, saya memberikan reward kepada diri sendiri untuk sesuatu yang saya sukai, misalnya pergi ke cafe untuk menikmati musik, atau memberikan hadiah buat diri saya sendiri yang akhirnya membuat saya menjadi termotivasi lebih lagi untuk lebih produktif.

Simple khan 7 langkah ini? Jika Anda menerapkan 7 Langkah Dahsyat Meningkatkan Produktivitas, saya menjamin produkvitas Anda pasti meningkat… See you at the Top! Life to The Fullest!

 

 

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.