+62-815-9988-487 marketing@adrianluis.com

6 Langkah Mudah Bagaimana Memiliki Hidup yang Lebih Bahagia
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Menjadi bahagia adalah salah satu tujuan yang banyak diinginkan setiap orang. Apalagi saat ini banyak sekali pelatihan dan coachiing yang membawa topik tentang Kebahagiaan. Inilah 6 Langkah Mudah Bagaimana Memiliki Hidup yang Lebih Bahagia.

Mengapa topik menjadi bahagia menjadi sedemikian pentingnya akhir-akhir ini. Ternyata banyak riset menunjukkan bahwa menjadi kaya secara material tidaklah membuat seseorang akhirnya menjadi bahagia. Banyak sekali orang kaya baru memiliki masalah emosional. Kaya cara material bukanlah jaminan menjadi bahagia. Nah, ternyata kita perlu menjadi lebih bahagia dahulu sebelum kesuksesan kita raih.

Tentunya dengan menjadi pribadi yang bahagia, kita akan menjadi pribadi yang utuh. Saat menjadi pribadi yang utuh, kita akan mampu bermakna dan bermanfaat buat banyak orang. Keberhasilan yang kita inginkan hanyalah menunggu masalah waktu untuk terwujud dalam hidup kita.

Tentunya untuk menjadi bahagia, kita perlu memutuskan dan bertindak. Lantas, langkah-langkah seperti apa saja yang perlu kita lakukan. Baca terus artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan inspirasinya!

6 Langkah Mudah Bagaimana Memiliki Hidup yang Lebih Bahagia

Pertama, Mulailah Membuat Standar Lebih Rendah untuk Syarat Menjadi Bahagia.

Terkadang orang terbalik dalam menentukan sebuah standar dalam hidupnya. Membuat sangat mudah standar bagaimana dirinya menjadi susah, sengsara atau menderita. Membuat standar yang sangat tinggi bagaimana ia menjadi pribadi yang berbahagia.

Mulailah buat standar bagaimana Anda bahagia dengan sangat mudah dicapai. Contoh: Saya bahagia karena hari ini masih dapat makan. Saya bahagia karena hari ini dapat menikmati matahari terbit. Dan seterusnya. Buatlah hal-hal yang mudah dicapai sebagai syarat bahagia Anda.

Dalam beberapa hari ke depan Anda pasti akan merasakan perbedaannya dalam hidup Anda. Kebahagiaan sebenarnya adalah hal yang sederhana dan hak setiap orang untuk dapat menikmatinya. Dalam kondisi apapun, Anda dapat memutuskan menjadi bahagia.

Kedua, Bantulah Orang Lain.

Salah satu strategi yang sering saya minta kepada klien saya adalah membantu orang lain. Merasa kurang bahagia? Cobalah cari orang lain yang berada pada “level” di bawah Anda. Bantulah orang itu.

Memberi bantuan ini sederhana. Tidak melulu membantu orang lain harus berupa memberi secara material. Anda dapat membantu orang lain dengan memberikan mereka semangat misalnya. Memberikan mereka waktu. Memberikan mereka perhatian. Bahkan Anda dapat mendoakan mereka. Lakukan apa yang Anda mampu lakukan sesuai dengan kapasitas kemampuan Anda.

Ajaibnya, saat Anda mulai membantu orang lain. Akan timbul kebahagiaan dalam diri Anda. Saat Anda menolong orang lain, Anda sebenarnya sedang menolong diri Anda juga. Menarik bukan?

Ketiga, Berhenti Menuntut Diri Sendiri Berlebihan.

Sadar tidak sadar sering kali kita membully diri kita sendiri. Salah satu yang kita lakukan adalah “sangat” menuntut diri kita secara berlebihan bahkan di luar kemampuan kita.

Berhentilah membully diri Anda sendiri. Maafkanlah diri Anda jika memang apa yang Anda inginkan itu benar-benar mustahil untuk Anda raih.

Sering kali apa yang mustahil Anda capai dalam 1 tahun, sebenarnya tidaklah mustahil untuk dicapai dalam jangka waktu 5-10 tahun. Berhentilah terlalu menuntut diri Anda yang akhirnya akan membuat Anda stress dan menderita.

Keempat, Pikirkanlah Hal yang Menyenangkan dan Membangun.

Pikiran adalah gerbang utama kita. Kalau setiap hari kita memikirkan hal yang buruk, hal yang melemahkan, hal yang membuat kita sedih. Sudah dapat dipastikan bagaimana jadinya hari kita bukan?

Coba mulailah ubah pikiran kita. Pikirkanlah hal yang menyenangkan, hal yang membangun, hal yang membuat Anda semangat. Pasti hari Anda akan menjadi cerah. Karena pikiran Anda dapat mempengaruhi perasaan Anda.

Ini adalah hal yang sangat menarik. Saat saya memberikan training maupun coaching kepada klien saya, kalau mereka antusias dan semangat, apa yang saya ajarkan pasti akan sangat berdaya guna. Tetapi kalau mereka pesimis dan ragu-ragu terhadap apa yang saya sharingkan, training dan coaching beberapa kali pun akan sia-sia. Maka tidak jarang di tengah-tengah perjalanan dengan terpaksa saya akan terminasi atau stop.

Kelima, Bandingkanlah Diri Sendiri dengan Dirimu Sendiri.

Kita lebih mudah membandingkan diri kita dengan orang lain. Tidak heran ini membuat akhirnya kita tidak bahagia. Kita mau mencapai sebuah tujuan dimana langit menjadi batasnya. Tidak ada ujungnya.

Padahal sebenarnya menjadi bahagia itu sederhana. Bandingkanlah diri kita dengan diri kita sendiri. Bandingkanlah diri kita hari ini dengan diri kita kemarin. Mana yang lebih baik? Mana yang mau kita ingin tingkatkan? Bagaimana yang kita inginkan untuk diri kita esok hari?

Sederhana bukan?

Keenam, Ambillah Waktu untuk Beristirahat atau Berlibur.

Menjadi bahagia juga dapat diraih dengan mengambil waktu beristirahat bahkan berlibur. Saat berlibur, pikiran kita akan menjadi rileks. Kita akan merasa bahagia. Nikmatilah masa-masa dimana Anda dapat beristirahat dan berlibur. Saat Anda beristirahat atau berlibur, benar-benarlah Anda ambil waktu untuk beristirahat maupun berlibur.

Untuk sementara saat Anda beristirahat maupun berlibur, lepaskanlah segala beban Anda sementara. Ini untuk kebaikan Anda sendiri tentunya. Karena kebahagiaan itu sendiri terletak dari bagaimana Anda mampu mengendalikan pikiran Anda.

Kalau Anda membutuhkan training ataupun coaching lebih lanjut tentang Meraih Kebahagiaan setelah membaca artikel 6 Langkah Mudah Bagaimana Memiliki Hidup yang Lebih Bahagia, silahkan langsung saja hubungi kami untuk segera membuat jadwal. Semakin cepat Anda menghubungi kami dan membuat jadwal, semakin cepat manfaat yang akan Anda dapatkan. Jadikanlah kami sebagai partner sukses Anda untuk memberikan solusi yang relevan bagi kebutuhan pengembangan diri Anda maupun perusahaan!

Have A Miracle Day and Expect Miracles!
Thank you.
I Love you.

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.