+62-812-3035-1056 marketing@adrianluis.com

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Dalam hidup ini selalu kita dihadapkan dengan pertanyaan – pertanyaan. Pertanyaan yang salah tentunya akan mendapatkan jawaban yang salah. Pertanyaan yang tepat, tentunya akan mendapatkan jawaban yang tepat.

Sering kali pertanyaan – pertanyaan inilah yang akan membawa kemana tujuan yang mau kita capai. Ada pertanyaan – pertanyaan yang akan memberdayakan diri kita, juga ada pula pertanyaan – pertanyaan yang membuat kita mengalami stagnasi.

Ada 3 buah pertanyaan penting yang dapat kita ajukan ke dalam diri kita sendiri untuk membuat perubahan serta mencapai apapun dalam kehidupan kita ini. Penasaran? Mau tahu apa pertanyaan yang powerful ini? Mari kita bahas satu per satu.

Pertanyaan pertama, Dimana posisi saya sekarang?

Pertanyaan pertama ini sangat penting untuk kita mengetahui dimana posisi kita sekarang. Dalam pertanyaan ini lebih mengarah untuk kita lebih aware dengan kondisi kita sekarang. Jangan sampai kita tidak mengetahui kondisi kita sekarang serta dimana sekarang kita berada. Jika kita sudah mengetahui dimana kondisi kita saat ini, yuk kita lanjut ke pertanyaan yang kedua.

Pertanyaan kedua, Kemana yang mau saya tuju?

Pertanyaan yang kedua ini lebih sulit untuk dijawab. Pertanyaan ini berkaitan dengan tujuan yang mau kita capai. Banyak orang yang saya temui yang ternyata tidak tahu secara jelas, detail dan pasti kemana tempat yang mau dia tuju.

Walaupun kita saat ini sudah mengetahui dimana posisi kita sekarang, akan tetapi jika kita tidak mengetahui secara jelas, detail dan pasti kemana kita akan menuju, pasti kehidupan kita akan berjalan biasa – biasa saja, bahkan kemungkinan besar kehidupan kita tidak akan mengalami perkembangan yang signifikan.

Kalau saat ini kita masih bingung kemana tujuan yang mau kita raih, cobalah luangkan waktu kita untuk berpikir dan merenung mengenai apa yang mau, benar – benar serta sungguh – sungguh yang akan kita raih.

Ibarat saat ini kita sedang mengenadari sebuah kendaraan, jika kita tidak tahu kemana arah dan tujuan akhir yang akan dicapai, besar kemungkinan kita akan diam saja di tempat. Ataupun jika kita bergerak, kita akan cenderung berputar – putar saja.

So, apa yang sebenarnya menjadi tujuan kita yang benar – benar ingin kita capai?

Pertanyaan ketiga, Bagaimana saya bisa menuju kesana?

Pertanyaan berikutnya, tentunya ini menjadi lebih sulit lagi tingkatannya. Jika kita sudah mengetahui dimana posisi kita sekarang, kemudian kita sudah mengetahui kemana yang mau kita tuju, inilah pertanyaan pamungkas yang akan bisa membawa kita ke tujuan yang akan kita capai.

Pertanyaan ini berkaitan mengenai cara atau strategi bagaimana kita akhirnya bisa mencapai tujuan yang akan kita capai tersebut. Jika tujuan yang mau kita capai bukanlah tujuan yang benar – benar akan menggerakkan diri kita, pertanyaan yang ketiga ini akan sulit untuk dijawab.

Jika tujuan yang mau kita raih benar – benar menantang diri kita, membuat kita excited dan fokus untuk tujuan yang akan kita capai, pasti kita akan sungguh – sungguh memikirkan bagaimana cara mencapainya.

Buatlah tujuan yang kita capai ini benar – benar sangat penting sehingga kita akan sungguh – sungguh berpikir dan mencari tahu cara untuk mencapainya. Perlu saya memberikan sebuah disclaimer disini, kita boleh melakukan strategi atau cara apapun untuk mencapai tujuan yang kita raih, asal apa yang kita lakukan sesuai dengan nilai – nilai dan tidak merugikan orang lain.

Ketiga pertanyaan di atas adalah pertanyaan – pertanyaan yang akan memberdayakan diri kita. Saya menunggu berita baik dari pembaca yang sudah mempraktekkan pertanyaan di atas untuk membuat kehidupan ini menjadi semakin lebih baik lagi. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Life to the FULLEST!

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.