+62-815-9988-487 marketing@adrianluis.com

15 Langkah untuk Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Kemajuan perusahaan tergantung bagaimana kualitas produktivitas yang dimiliki karyawannya. Sering kali seseorang yang berada dalam lingkup organisasi maupun perusahaan bingung bagaimana caranya meningkatkan produktivitas. Inilah 15 Langkah untuk Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja.

Sebelum kita mempelajari bagaimana strategi menjadi produktif, alangkah baiknya jika kita lebih dahulu memahami apa definisi dari produktivitas. Produktivitas adalah gabungan dari 2 kata: produk dan aktivitas. Jadi, seseorang dikatakan produktif jika dalam satu waktu atau aktivitas mampu menghasilkan sebuah produk (karya/jasa).

Untuk mengetahui bagaimana seseorang produktif atau tidak dalam kesehariannya, kita dapat menganalisa dari bagaimana orang tersebut menggunakan waktunya. Apakah waktu yang digunakan banyak dihabiskan untuk hal-hal yang tidak membawa hasil, atau sebagian besar waktunya banyak digunakan untuk menghasilkan karya?

15 Langkah untuk Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja

Pertama, Buat Catatan dan Batasan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Anda perlu membuatnya. Coba catat berapa lama waktu yang Anda butuhkan saat menyelesaikan sebuah pekerjaan. Ini akan sangat baik sekali buat Anda. Anda jadi akan mengetahui berapa waktu yang perlu Anda luangkan untuk melakukan pekerjaan yang sama di waktu berikutnya. Catatan akan membuat Anda menjadi terukur dan realistis.

Kedua, Ambillah Istirahat yang Teratur dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Anda tidak mungkin terus menerus bekerja tanpa beristirahat. Ada batasan dalam diri Anda. Jika Anda terus memaksakan diri Anda bekerja, bukannya menjadi produktif malah Anda akan menjadi kontra produktif. Luangkanlah minimal 1 hari dalam 1 minggu untuk Anda beristirahat dan refreshing atau rekreasi supaya Anda mampu menjadi produktif (siap berkreasi kembali) di hari berikutnya.

Ketiga, Buatlah Deadline Pribadi dalam Menyelesaikan sebuah Pekerjaan.

Kenapa banyak pekerjaan Anda tidak kunjung selesai? Sederhana, mungkin karena Anda tidak pernah membuat deadline kapan pekerjaan Anda tersebut harus Anda selesaikan.

Saya pribadi pernah mengalami hal yang sama. Pernah saya mengambil sebuah program Sertifikasi Online, karena saya tidak menentukan kapan saya harus menyelesaikan program tersebut, hampir 1 tahun ternyata saya tidak menyelesaikannya. Saat saya menentukan deadline, dalam waktu tidak sampai 1 bulan ternyata saya berhasil menyelesaikannya.

Keempat, Aturan 2 Menit.

Jika sebuah pekerjaan dapat diselesaikan dalam waktu 2 menit atau kurang, selesaikanlah saat itu juga. Semakin kita menunda waktu kita untuk menyelesaikannya, semakin lama waktu yang kita butuhkan untuk menyelesaikannya. Silahkan Anda membuktikannya!

Kelima, Berani berkata TIDAK untuk Hal yang Tidak Membawa Produktivitas.

Ada banyak hal yang akhirnya tidak menjadikan Anda semakin produktif. Contohnya: Meeting yang tidak jelas arah dan tujuannya. Kalau Anda mau produktif, Anda perlu kurangi meeting-meeting dengan kategori seperti ini. Ada waktunya Anda meluangkan waktu untuk kongkow-kongkow, namun jika Anda sedang dalam deadline menyelesaikan sebuah proyek pekerjaan, saran saya untuk sementara kurangi terlebih dahulu hal seperti ini.

Keenam, Gabungkan Waktu Meeting dalam Lokasi yang Sama.

Saya banyak mengamati orang-orang yang banyak membuat janji meeting dalam satu hari di beberapa tempat berbeda dan lokasinya cukup berjauhan. Dapatkah dibayangkan berapa banyak waktu dan tenaga yang dihabiskan dalam 1 hari itu? Dapatkah Anda membayangkan bagaimana kelelahan yang terjadi setelahnya?

Bukankah alangkah lebih baik jika Anda menset 1 hari untuk beberapa meeting yang berbeda di tempat yang sama? Tentunya Anda akan lebih produktif bukan?

Ketujuh, Berhentilah Melakukan Multi Tasking.

Memang kadang kala kita dituntut untuk banyak melakukan beragam pekerjaan sekaligus. Namun tahukah Anda, ternyata ini akan memecah fokus Anda? Bukannya membuat kerjaan makin cepat selesai, malah akan membuat pekerjaan selesai makin lama. Fokus dan kerjakan pekerjaan Anda satu per satu sampai selesai baru beralih ke pekerjaan selanjutnya, kecuali memang ada pekerjaan yang sifatnya super urgent untuk diselesaikan.

Kedelapan, Manfaatkan Waktu dalam Perjalanan Anda.

Berapa banyak waktu dalam 1 hari yang Anda habiskan untuk perjalanan? Bukankah alangkah lebih baik, jika waktu perjalanan Anda daripada dihabiskan untuk bermain game, Anda dapat gunakan untuk mengupgrade diri Anda dengan belajar. Misalnya sambil membaca buku atau mendengarkan audio learning program.

Kesembilan, Fokus untuk Menyelesaikan bukan Membuat Kesempurnaan.

Kesempurnaan tidak akan pernah tercapai. Semakin berusaha menjadi sempurna, semakin pekerjaan tersebut tidak akan pernah selesai. Fokuslah untuk menyelesaikan pekerjaan Anda terlebih dahulu. Setelah selesai, Anda kemudian dapat lakukan perbaikan.

Kesepuluh, Ambillah Waktu untuk Berolahraga.

Berapa banyak dari Anda yang memiliki waktu rutin untuk berolahraga dalam seminggu? Faktanya, olahraga membuat pikiran Anda menjadi segar. Tubuh Anda pastinya lebih segar dan sehat. Anda akan menjadi makin produktif pastinya. Cobalah luangkan waktu 30 menit setidaknya untuk berolahraga sebanyak 3x dalam seminggu. Rasakan perbedaannya!

Kesebelas, Jadilah Proaktif bukan Reaktif.

Banyak saya mengamati orang yang sedikit-sedikit mengecek email di smartphone bahkan di laptop mereka. Padahal, tidak perlu setiap waktu untuk mengecek email. Kecuali ada hal yang sangat urgent. Buatlah aturan dalam waktu untuk membaca dan membalas email, misalnya setiap pagi hari atau sore hari. Ini akan membuat Anda semakin produktif dan mengurangi distraksi.

Keduabelas, Matikan Notifikasi.

Notifikasi sering membuat kita terganggu dan kehilangan fokus. Saat Anda sedang benar-benar memerlukan fokus dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan, cobalah untuk sementara matikan dahulu notifikasi. Pasti pekerjaan Anda lebih cepat selesai karena Anda bebas dari gangguan-gangguan.

Ketigabelas, Bekerjalah dalam Interval Waktu 90 Menit.

Peneliti di Florida State University menemukan orang dengan produktivitas tinggi bekerja dalam interval waktu tidak lebih dari 90 menit. Setelah itu mereka akan melakukan istirahat sejenak sebelum kembali melakukan kegiatan mereka kembali. Cobalah!

Keempatbelas, Berikan Apresiasi saat Anda Selesai Melakukan Sebuah Pekerjaan.

Setelah Anda menyelesaikan pekerjaan Anda, berilah diri Anda apresiasi. Katakan terima kasih atau bahkan ucapkan selamat untuk diri Anda sendiri. Bahkan jika Anda berhasil menyelesaikan sebuah proyek yang besar, tidak ada salahnya Anda menyisihkan sedikit uang Anda untuk memberi diri apresiasi. Ini sangat bagus sekali untuk membuat Anda menjadi lebih bersemangat dan semakin produktif!

Kelimabelas, Hiaslah Tempat Kerja Anda.

Tempat kerja yang membosankan akan membuat Anda cenderung tidak semangat. Cobalah hiaslah tempat kerja Anda. Dengan sedikit dekorasi seperti pot bunga kecil, hiasan di meja, atau aromatherapy. Mungkin ini akan membuat Anda menjadi bersemangat kerja dan menjadi produktif!

Artikel kali ini saya tulis cukup panjang, ternyata hampir 1000 kata dalam artikel 15 Langkah untuk Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja. Semoga Anda menyukai apa yang sudah saya tuliskan ini. Semoga tulisan ini memberikan Anda inspirasi dan tentunya membuat Anda menjadi semakin produktif! Cobalah lakukan beberapa tips dalam artikel ini untuk meningkatkan produktivitas Anda!

Have a Miracle Day and Expect Miracles!
Thank you.
I Love you.

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.