+62-815-9988-487 marketing@adrianluis.com

10 Kompetensi Penting untuk Karyawan di Tahun 2020
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Masa depan adalah sesuatu yang penuh dengan tantangan. Untuk mampu bertahan di masa depan, kita tentunya harus mempersiapkan diri. Dunia berubah, kompetensi yang diperlukan untuk unggul juga berubah. Pelajari 10 Kompetensi Penting untuk Karyawan di Tahun 2020 dalam artikel ini.

Sebelum kita mempelajari kompetensi penting apa saja yang perlu kita siapkan sehingga kita mampu bersaing dan unggul di tahun 2020, marilah kita pelajari terlebih dahulu apa saja faktor-faktor pendorong perubahan ini.

Menurut Insitute for The Future (IFTF), ada 6 hal besar yang merupakan faktor pendorong perubahan ini:

#1. extreme longevity: Increasing global lifespans change the nature of careers and learning.

Sebuah berita baik, dimana kesehatan semakin menjadi hal yang penting. Usia seseorang akan menjadi semakin panjang berkat kemajuan teknologi. Tentunya perubahan seperti ini akan membawa perubahan dalam dunia karir, bisnis maupun pola belajar. Sesuatu yang menarik bukan?

#2. rise of smart machines and systems: Workplace automation nudges human workers out of rote, repetitive tasks.

Perubahan ini sudah mulai dirasakan sejak jaman revolusi industri. Namun dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, proses otomatisasi (otomation) akan semakin berkembang dengan cepat. Dapat dibayangkan bagaimana peran manusia yang melakukan sesuatu yang dapat diulang-ulang (memiliki pola) akan digantikan oleh mesin. Apakah pekerjaan kita saat ini dapat digantikan oleh mesin? Siap menghadapi hal ini?

#3. computational world: Massive increases in sensors and processing power make the world a programmable system.

Kemajuan ilmu teknologi terutama dalam dunia komputer akan semakin cepat. Segala sesuatunya akan mengalami efisiensi dengan adanya program komputer atau apps. Hal yang sekarang mungkin keren, tidak lama lagi akan tertinggal oleh jaman alias jadul. Perubahan karena teknologi ini sangat cepat. Siap beradaptasi?

#4. new media ecology: New communication tools require new media literacies beyond text.

Akan muncul cara-cara baru dalam berkomunikasi. Dimana hal yang saat ini kita pikir mustahil, mungkin hal itu bukan hal yang mustahil di masa yang akan datang. Seperti saat ini, rasanya sudah tidak jaman lagi berkirim pesan dengan surat, semua sudah tergantikan dengan surat elektronik (surel).

#5. superstructed organizations: Social technologies drive new forms of production and value creation.

Hal ini akan semakin menarik. Struktur organisasi akan berubah. Organisasi akan semakin ramping dan efektif. Prinsip Lean Organization (Organisasi Ramping, Sederhana, Efektif dan Efisien) akan semakin menjadi jawaban untuk kebutuhan di masa depan.

#6. globally connected world: Increased global interconnectivity puts diversity and adaptability at the center of organizational operations

Kita akan benar-benar masuk dalam era baru, dimana kita akan saling terhubung satu sama lain (online). Saat ini saja, kita sudah dapat mulai merasakannya. Dahulu kalau mau mengadakan sebuah meeting, haruslah bertemu dalam waktu dan tempat yang sama. Saat ini dengan bantuan teknology, kita dapat melakukan meeting dengan menggunakan Video Conference bahkan meeting berbasiskan aplikasi teks seperti WhatsApp.

10 Kompetensi Penting untuk Karyawan di Tahun 2020

Pertama, Sense Making: ability to determine the deeper meaning or significance of what is being expressed

Salah satu kemampuan penting yang perlu kita miliki adalah memahami makna dan emosi yang diekpresikan serta mampu mengekpresikannya. Kecerdasan dalam emosional semakin memiliki peranan yang penting untuk kesuksesan karir Anda di masa yang akan datang.

Kedua, Social Intelligence: ability to connect to others in a deep and direct way, to sense and stimulate reactions and desired interactions

Kemampuan dalam sosial juga menjadi penting. Siapa yang unggul dalam kemampuan bersosialisasi akan semakin maju, jauh dan meninggalkan orang yang kurang memiliki kemahiran ini. Keterampilan dan seni dalam berhubungan dengan orang lain akan menjadi hal yang utama, inilah kunci bagaimana mampu empati dan menjadi pribadi yang asertif.

Ketiga, Novel & Adaptive Thinking: proficiency at thinking and coming up with solutions and responses beyond that which is rote or rule-based

Kecepatan dan kelincahan kita dalam melakukan adaptasi semakin dituntut. Tak hanya berhenti sampai di situ saja, pola pikir yang berfokus kepada solusi juga semakin memiliki peran yang penting. Tahu (akar) masalah saja tidak cukup kalau tidak dilengkapi dengan keterampilan berpikir untuk memecahkan masalah (problem solving).

Keempat, Cross Cultural Competency: ability to operate in different cultural settings

Kompetensi kita untuk dapat bersinergi dan bekerja sama lintas budaya semakin diperlukan. Kita dituntut tidak hanya bekerja sama dengan orang yang memiliki kesamaan dengan kita namun bekerja sama dengan banyak keragaman.

Kelima, Computational Thinking: ability to translate vast amounts of data into abstract concepts and to understand data-based reasoning

Kemampuan berpikir dalam mengelola data yang besar juga semakin diperlukan. Bagaimana kita mampu mengubah konsep yang abstrak dan menerjemahkannya menjadi solusi produk kebutuhan yang membawa manfaat. Kemampuan menganalisa data serta menggabungkannya dalam proses kreatif akan menjadi semakin penting.

Keenam, New Media Literacy: ability to critically assess and develop content that uses new media forms, and to leverage these media for persuasive communication

Media tentunya akan berubah. Kita perlu fasih dengan media-media baru yang nantinya akan menjadi penunjang dalam proses bisnis untuk pekerjaan kita. Dimulai dari bagaimana membuat informasi dalam format media yang baru, serta menggunakan kekuatan media (dengan membuat informasi bermanfaat) yang akhirnya mampu mencapai banyak orang.

Ketujuh, Transdisciplinaryty: literacy in and ability to understand concepts across multiple disciplines

Memiliki satu keahlian ilmu saja tidak cukup. Kita akan semakin dituntut untuk banyak mengetahui banyak hal secara mendalam (komprehensive). Semakin dituntut banyak kemahiran dalam disiplin-disiplin ilmu yang terkait dengan bidang pekerjaan yang kita kerjakan.

Kedelapan, Design Mindset: ability to represent and develop tasks and work processes for desired outcomes

Pola pikir dalam mengembangkan proses kerja yang akhirnya menghasilkan tujuan yang diinginkan semakin penting. Disini kreativitas semakin penting, kita dituntut untuk mampu mendesain sesuatu yang kompleks menjadi sederhana dan bermanfaat serta berdayaguna.

Kesembilan, Cognitive Load Management: ability to discriminate and filter information for importance, and to understand how to maximize cognitive functioning using a variety of tools and techniques

Kita akan semakin dibanjiri dengan informasi yang besar. Kemampuan menampung dan memilah-milah informasi yang penting akan menjadi keahlian tersendiri. Memaksimalkan tools yang ada untuk menunjang apa yang sudah dimiliki saat ini juga merupakan hal yang penting.

Kesepuluh, Virtual Collaboration: ability to work productively, drive engagement, and demonstrate presence as a member of a virtual team.

Bekerja sama secara virtual adalah salah satu kompetensi dan solusi di masa yang akan datang. Sinergi melalui teknologi akan mempercepat sebuah proses pemecahan masalah. Bekerja akan menjadi menarik karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Wow! Ternyata sedemikian menariknya 10 Kompetensi Penting untuk Karyawan di Tahun 2020. Anda mungkin mengalami kebingungan dan cemas. Tidak perlu kuatir, mulai hari ini mulailah persiapkan diri kita. Asah terus kompetensi yang kita miliki. Pelajarilah hal yang baru dan teruslah mengembangkan diri Anda!

Have a Miracle Day and Expect Miracles!
Thank you.
I Love you.

 

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.