+62-815-9988-487 marketing@adrianluis.com

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Baru saja minggu lalu, ada salah seorang peserta pelatihan menghampiri saya dan bertanya mengenai topik marketing. Topik ini selalu menjadi salah satu topik yang saya sukai dan saya nikmati untuk dibahas.

Orang tersebut bertanya kepada saya mengenai tips bagaimana untuk dapat lebih luar biasa lagi dalam memarketingkan produk yang saat ini sedang dipasarkan. Lantas, dia menceritakan mengenai kisahnya bagaimana selama ini yang dilakukan untuk memarketingkan produknya.

Saya menyadari selama pembicaraan dengannya, produk yang dipasarkan merupakan produk yang bagus dan layak untuk dipasarkan. Tetapi, saya menemukan suatu masalah yaitu bahwa ia tidak percaya diri untuk menjual produk tersebut.

Hal inilah yang sebenarnya menjadi penghambat untuk sukses dalam marketing. Ada sebuah pepatah dari para marketer yang sukses yang mengatakan, “before you sell your product, sell yourself first!”. Ya, sebelum memarketingkan produk tentunya yang harus kita lakukan pertama kali adalah memarketingkan diri kita dulu sebagai marketernya.

Disinilah diperlukan yang namanya percaya diri serta yakin bahwa produk yang kita jual adalah bagus. Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menjadi seorang marketing yang handal dengan memarketingkan diri kita terlebih dahulu.

Ini adalah 3 (tiga) simple tips yang saya berikan untuk Anda pembaca setia blog ini :

1. Mulailah dengan memperhatikan penampilan Anda. Penampilan tidak harus selalu mahal, tetapi berpenampilanlah yang baik, sopan, dan bersih. Cobalah Anda membayangkan seolah – olah Anda menjadi customer yang akan membeli dari Anda. Apa yang akan Anda lihat, apakah cukup OK dimata orang lain? Perhatikanlah penampilan Anda!

2. Percaya diri! Dalam berbicara, dan menjelaskan sebuah produk yang ditawarkan, berbicaralah dengan penuh keyakinan dan percaya diri. Pastikan customer yang mendengar Anda dapat merasakan semangat sebagai seorang marketer. Coba saja jika pertanyaan ini saya balik, mau beli kepada marketer yang manakah kita? Marketer yang menawarkan produknya dengan loyo dan ogah2an atau marketer yang menawarkan produknya dengan antusias? Sudah tahu jawabannya khan? Mari pilih yang terbaik!

3. Kuasai produk knowledge! Sekarang ini telah terjadi pergeseran bahwa orang yang membeli sesuatu karena merasakan ada benefit yang didapatkan dengan memiliki produk tersebut. Salah satu rangkaian marketing yourself, mari kita sebagai seorang marketer kuasai mengenai apa yang sedang kita tawarkan, ketahui juga apa benefit yang ditawarkan.

Semoga 3 (tiga) tips singkat ini akan menginspirasi pembaca menjadi marketer yang handal! Ingat, sebelum memasarkan produk Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah MARKETING YOURSELF!

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.