+62-812-3035-1056 marketing@adrianluis.com

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Pernahkah kita menyadari paling banyak kita membeli sesuatu melalui apa? Apakah kita membeli melalui iklan, promosi, ataukah melalui referensi? Pasti hampir sebagian besar barang yang kita beli disebabkan oleh apa yang disebut dengan referensi / anjuran dari seseorang.

Contohnya saja seperti ini. Misalkan saat kita sakit, pasti kita akan bertanya kepada seseorang bukan mengenai siapa dokter yang OK untuk menangani penyakit yang sedang kita alami. Begitu juga ketika kita mau memiliki kesehatan yang lebih optimal, bukannya kita juga akan bertanya kepada seseorang mengenai multivitamin apa yang perlu kita konsumsi, jenis olahraga (exercise) apa yang perlu kita lakukan sehingga akan membuat kondisi tubuh kit amenjadi lebih bugar.

Referensi inilah yang memiliki kekuatan yang sangat luar biasa. Bagaimana tidak, kemungkinan terjadinya penolakan terhadap sebuah barang yang direferensikan hampirlah sangat kecil tingkat penolakannya. Mengapa hal ini bisa terjadi demikian? Tentunya karena orang yang memberikan referensi kepada kita pasti sudah pernah menggunakan produk atau jasa yang direferensikan tersebut (experience first). Hal inilah yang akhirnya membuat orang yang diberi referensi akan menjadi lebih percaya serta yakin untuk mencoba atau membelinya.

Kekuatan dari referensi ini akan menjadi kekuatan yang luar biasa kalau kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Sebagai seorang marketing, sales ataupun business owner dari produk apapun yang saat ini sedang Anda pasarkan, manfaatkan yang namanya kekuatan dari referensi ini. Bagaimana cara melakukannya supaya customer kita bisa melakukan referensi untuk produk kita?

Langkah pertama, fokuslah pada kualitas.

Seorang customer akan dengan sukarela melakukan referensi dari produk atau jasa yang saat ini sedang kita pasarkan jika produk atau jasa kita benar benar benar memiliki kualitas. Jadikan produk atau jasa yang kita tawarkan adalah merupakan solusi yang terbaik dan sangat memberikan manfaat bagi yang menggunakannya. Jika hal ini terjadi, maka customer kita akan secara sukarela memberikan referensi mengenai produk atau jasa yang kita pasarkan.

Langkah kedua, dengarkan apa yang menjadi kebutuhan customer.

Selanjutnya, dengarkan juga apa yang benar – benar menjadi kebutuhan dari customer. Cobalah meminta feedback mengenai produk atau jasa yang sudah dibeli. Tanyakanlah apa yang baik serta hal apa saja yang perlu diperbaiki dan dikembangkan dari produk atau jasa yang kita tawarkan. Dengan terus menerapkan prinsip ini, makan produk dan jasa kita akan menjadi signifikan dan benar – benar berkualitas.

Langkah ketiga, win – win solutionlah kepada yang memberikan referensi.

Jika langkah pertama dan kedua sudah dilakukan, akan sangat baik juga jika kita bisa sampai ke tahapan yang ketiga. Supaya customer yang mereferensi produk atau jasa kita menjadi lebih bersemangat, berikan juga spesial promo untuk yang melakukan referensi. Hal ini bisa berupa reward, hadiah, diskon untuk pembelian produk atau jasa selanjutnya ataupun hal menarik lainnya yang bisa kita tawarkan. Intinya adalah lakukan terlebih dahulu langkah pertama dan kedua sebelum melakukan langkah ketiga ini.

Saya banyak mengetahui marketing, sales ataupun business owner yang langsung terburu – buru masuk ke tahapan ketiga ini tanpa memperhatikan kualitas dari produk atau jasa yang dipasarkan. Awalnya sich memang bisa referensi akan datang, akan tetapi hal itu tidak akan berlangsung untuk jangka panjang karena customer akan merasa kapok dan tidak melakukan pembelian yang berulang (repeating buying).

Jadi intinya kalau produk atau jasa kita mau direferensi oleh banyak orang, fokuslah terlebih dahulu dengan kualitas produk atau jasa yang kita tawarkan. Inilah kunci yang akan mendatangkan banyak referensi kepada kita nantinya. Semoga bermanfaat dan menginspirasi! Life to the FULLEST!

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.