+62-815-9988-487 marketing@adrianluis.com

After Sales Service
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Bulan lalu tepatnya, saya baru saja membeli salah satu gadget komunikasi yang cukup populer di Indonesia saat ini. Hampir semua orang dan kalangan di Indonesia terutama di Jakarta banyak yang menggunakan gadget ini. Sampai – sampai saya pun ikut membeli gadget ini lantaran untuk mempermudah komunikasi dengan rekan – rekan dekat dan beberapa mentor saya pribadi. Gadget ini bernama Blackberry. Rasanya sudah banyak orang menggunakan Blackberry di Indonesia saat ini.

Awalnya saya cukup bingung juga untuk membeli Blackberry dimana. Karena beberapa rekan saya yang memiliki Blackberry sering memiliki problem dengan Blackberry yang mereka miliki. Memang selama memakai Blackberry yang baru sebentar ini saja, saya sudah mengalami beragam kendala yang juga dialami oleh pengguna Blackberry lainnya, dari masalah Blackberry yang hang, lemot bahkan beberapa kendala lainnya.

Untungnya saya membeli Blackberry di tempat yang tepat yang memiliki after sales service yang baik. Toko dimana saya membeli gadget ini adalah di TokoPDA.com di Mall Taman Anggrek. Tentunya tulisan ini bukan bertujuan untuk mempromosikan toko tersebut, karena saya tidak mendapatkan komisi dari toko ini. Akan tetapi tulisan ini dapat dijadikan sebuah insight serta studi kasus yang baik sekali untuk para pengusaha maupu orang yang banyak terlibat dalam dunia marketing untuk meningkatkan kualitas pelayanannya.

Salah satu yang saya kagumi dari toko ini adalah keramahan dari para staffnya, dimana saya ini termasuk orang yang dalam kategori newbie pengguna gadget canggih ini. Sewaktu saya membelinya pun saya cukup dibuat bingung dengan kecanggihan gadget ini. Untungnya seorang stafnya tidak sungkan – sungkan mengajari saya menggunakan gadget modern ini dengan memakan waktu yang cukup lama.

Selanjutnya saya merasa perlu untuk meminta kontak dari Staf tersebut jka suatu saat mengalami kendala dalam penggunaan gadget ini. Memang beberapa kali saya mengalami trouble, untungnya saya mendapatkan after sales service yang sangat baik dari Staf ini. Seluruh pertanyaan bahkan keluhan yang saya sampaikan dapat diselesaikan dengan sangat baik. Sebuah service exellent yang sangat membantu saya terutama menjadi seorang customer.

Bahkan beberapa hari yang lalu saya mengalami masalah yang terkait dengan kerusakan di micro SD-nya. Saya pun mencoba menghubungi Staf ini dan kemudian mendapatkan sebuah after sales service-nya yaitu penggantian secara G.R.A.T.I.S. untuk micro SD yang saya gunakan. Tentunya sebagai seorang customer saya sangat puas dengan pelayanan after sales service yang diberikan ini.

Pertanyaan untuk setiap kita semua sebagai seorang bisnis owner, sales dan marketing. Apakah usaha yang sedang kita jalankan saat ini memiliki after sales service yang terbaik sehingga customer – customer kita memberikan kata WOW untuk pelayanan yang kita lakukan? Seringkali banyak customer yang menjadi kecewa karena after sales service kita yang buruk. Saat ini kecenderungan karakteristik yang dimiliki oleh customer adalah customer menginginkan adanya after sales service yang baik setelah mereka membeli produk. Untuk itu, mari bersama – sama meningkatkan after sales service untuk setiap bisnis yang kita jalankan saat ini.

Semoga menginspirasi!

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.