+62-815-9988-487 marketing@adrianluis.com
(Last Updated On: 6 December 2017)

Mengatasi Masalah Tanpa Masalah Dengan SCORE Model
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Print

Ada banyak cara dalam NLP yang dapat dicoba dan digunakan untuk membereskan masalah. Ada juga banyak cara yang efektif digunakan untuk mengakses kemampuan orang lain, membangun kualitas diri pribadi, membangun jembatan pikiran dengan orang lain, dsb.

Dari sekian banyak teknik NLP yang dipajang dan tersedia, ada satu teknik yang sangat menarik. Kita menyebutnya SCORE Model. Sesungguhnya teknik yang satu ini memang sangat lain dan berbeda dengan kebanyakan teknik NLP yang ada.

Dimana perbedaannya? Teknik-teknik NLP biasanya bekerja secara linear untuk mengatasi masalah. Seperti bergerak dari masa kini ke masa depan (keadaan) yang diinginkan. Cukup berbeda dengan teknik yang dikembangkan oleh Robert Dilts dan Todd Epstein ini. SCORE Model memungkinkan kita untuk memulai mengatasi masalah dari berbagai sisi dan sudut pandang. Lebih fleksibel tentunya.

SCORE Model mengembangkan 4 (empat) unsur utama yang harus dipertimbangkan dalam setiap intervensi terapi. Kelima unsur dari SCORE Model ini adalah Symptoms (gejala), Causes (penyebab), Resources (sumber) dan Effects (dampak).

Ingin tahu lebih jauh mengenai keempat unsur utama dalam SCORE MODEL? Mari kita simak bersama ulasan penting berikut ini :

  • Symptoms

Gejala-gejala yang muncul dan merupakan wajah dari suatu masalah yang muncul dan sedang menjamur dalam diri seseorang. Misalnya pusing, keluar keringat dingin, malas dan takut.

  • Causes

Penyebab-penyebab munculnya masalah yang telah memunculkan gejala-gelaja (wajah) dari masalah ini. Kadang penyebabnya sangat jelas, kadang-kadang tersirat (tidak kelihatan). Misalnya masalah utama adalah finansial, namun yang terlihat adalah selalu tidak cocok dengan pekerjaan baru yang ditekuni.

  • Resources

Pada tahap ini kita dapat memilah-milah teknik NLP yang lebih cocok dan tepat untuk kita gunakan sebagai alat atau teknik untuk mengatasi masalah yang timbul tanpa masalah. Misalnya teknik jangkar NLP, reframing, dsb.

  • Effects

Kita harus mencari tahu dengan pasti tentang efek yang ditimbulkan ketika kita sudah berhasil mengatasi masalah tersebut. Apa yang kita dapatkan dan apa yang mungkin hilang dari kita.

Dengan SCORE Model, kita dapat melakukan terapi suatu masalah dengan lebih fleksibel. Mengapa? Kita dapat memulainya dari mana saja. Kita tidak harus urut dan runtut dalam menggunakan keempat unsur utama dalam SCORE Model. Oleh karena itu kita dapat mengatasi masalah tanpa masalah dengan efektif tentunya.

The following two tabs change content below.

Adrian Luis

Corporate Trainer & Professional Coach at Adrian Luis Training Group
Seorang Corporate Trainer & Professional Coach yang telah banyak membantu perusahaan nasional dan UKM serta organisasi non profit di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. Topik utama yang sering dibawakan terkait Personal Management dan Organizational Management. Fokus dalam Training maupun Coaching adalah Transformasi, sesuai dengan mottonya: Building People and Transforming Lives. Saat ini aktif menjadi Narasumber di berbagai media seperti KerenPreneur iRadio Jakarta 89.6 FM, Suara Khatulistiwa Bangka, serta berbagai media lainnya. Undang Adrian Luis sekarang juga untuk menjawab kebutuhan pelatihan di perusahaan maupun organisasi Anda. Bersiaplah untuk terjadi transformasi! Have a Miracle Day and Expect Miracles! Thank you. I Love you.